Anggreani, Mita (2020) Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karaker (PPK) Dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Di SMPN 3 Bangsalsari. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. Abstrak.pdf Download (127kB) |
|
Text
c. Bab I.pdf Download (280kB) |
|
Text
d. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text
e. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text
f. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text
g. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) | Request a copy |
|
Text
h. Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
i. Daftar Rujukan.pdf Download (130kB) |
|
Text
j. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
k. Artikel.pdf Download (285kB) |
Abstract
ABSTRAK Anggreani, Mita. 2020. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik di SMPN 3 Bangsalsari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : (1) Astri Widyaruli Anggraeni., M,A. (2) Agus Milu Susetyo, M.Pd. Kata kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Peserta Didik, Sikap Sosial Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) merupakan langkah yang harus didukung oleh semua pihak mulai dari keluarga yang merupakan tempat pertama seseorang dalam membentuk karakter pribadinya kemudian sekolah yang merupakan tempat menimba ilmu dan pembentuk karakter pada seseorang sebagai pelajar serta dukungan dari masyarakat sekitar. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah strategi, pelaksanaan, dan evaluasi terkait program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di SMPN 3 Bangsalsari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam Membentuk Sikap Sosial Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Bangsalsari. Metode dalam penelitian ini berupa metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Data penelitian ini berupa kalimat yang berindikasi pengimplementasian program penguatan pendidikan karakter dalam membentuk sikap sosial peserta didik. Tempat penelitian di SMPN 3 Bangsalsari, pada tanggal 21 September 2020. Teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi serta penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi penguatan karakter yang memerhatikan poin penting terhadap siswa seperti datang tepat waktu, mengucap salam, berjabat tangan, doa sebelum pelajaran, ekstrakulikuler, dan menyanyi Indonesia Raya yang didukung adanya tata tertib; pelaksanaan penguatan karakter telah disesuaikan dengan pedoman pelaksanaan program sekolah; dan evaluasi penguatan karakter sudah menerapkan program penguatan pendidikan karakter, nilai-nilai sikap sosial, terintegrasi ke dalam mata pelajaran, guru sudah menggunakan metode pendidikan karakter dan peserta didik sudah menjalankan sikap sosialnya seperti sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, gotong royong, sikap santun atau sopan dan sikap percaya diri. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah bahwasannya Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Bangsalsari sudah dilaksanakan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 400 Language > 401 Philosopy and Theory | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Mita Anggreani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | mitacemplon2@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 01 Dec 2020 02:38 | |||||||||
Last Modified: | 01 Dec 2020 02:45 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7087 |
Actions (login required)
View Item |