Rohmi, Miftakhur (2019) Analisis Efisiensi Pemasaran Pisang Mas Kirana Di Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (248kB) |
|
Text
10.BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text
11.BAB II (Autosaved).pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
|
Text
13.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
Text
15. BAB VI PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
|
Text
16. BAB VII. PENUTUPdocx.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (382kB) |
Abstract
Pisang Mas Kirana merupakan salah satu varietas pisang unggulan terbaru di Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui tingkat keuntungan usahatani Pisang Mas Kirana, (2) mengidentifikasi berapa saluran pemasaran Pisang Mas Kirana di Kecamatan Gucialit, (3) mengetahui saluran pemasaran yang paling efisien. Penelitian berlokasi di Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang, menggunakan data primer dan sekunder. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis keuntungan, analisis saluran pemasaran, analisis margin pemasaran, analisis farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Rata-rata keuntungan usahatani pisang mas kirana pada saluran pemasaran I sebesar Rp 5.779.563/ha, sedangkan saluran pemasaran II sebesar Rp 13.054.936/ha (2) terdapat dua saluran pemasaran yang digunakan yaitu: Saluran Pemasaran I : Petani – Pedagang Besar – Pengecer dan Saluran Pemasaran II : Petani- Pedagang Pengepul-Pedagang Besar-Pengecer. (3) Efisiensi Pemasaran pada usahatani pisang mas kirana pada setiap grade berbeda, untuk grade A saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran II dengan nilai farmer’s share sebesar 52,46%, sementara untuk grade B dan C tidak efisien pada setiap saluran pemasaran karena nilai farmer’s share kurang dari 50 %. Kata kunci: efisiensi pemasaran, farmer’s share, keuntungan, margin pemasaran dan saluran pemasaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming |
||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agrotechnology (S1) | ||||||
Department: | S1 Agroteknologi | ||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:15 | ||||||
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:15 | ||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7126 |
Actions (login required)
View Item |