PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO



ALI MUKARROM, MUHAMMAD (2019) PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (523kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Banner adalah salah satu jenis media digunakan untuk promosi,
propaganda, atau berita, baik berupa tulisan, gambar atau kombinasi keduanya
dengan berbagai varian warna
(full colour
), yang sudah dicetak menggunakan
mesin cetak digital. Berdasarkan masalah pada CV. Creative Design yang pernah
mengalami kekurangan bahan produksi dan pengalaman terjadinya penimbunan
bahan baku. Untuk pengoptimalan jumlah hasil produksi diperlukan adanya
pembenahan sistem. Oleh karena itu dipilih Metode Monte Carlo karena metode
ini memanfaatkan strong law of large number dalam melakukan perhitungan,
yang berarti semakin banyak variabel acak yang digunakan akan semakin baik
pula pendekatan nilai eksaknya. Metode Monte Carlo sendiri adalah algoritma
komputasi untuk mensimulasikan perilaku sistem fisika dan matematika yang
dapat memberikan segala kemungkinan nilai dari suatu variabel.
Tahap awal melakukan perhitungan distribusi probabilitas/ kemungkinan
pada tiap variabel yang ada. Berikutnya menghitung frekuensi dari setiap variabel
yang ditemukan. data penjualan yang digunakan sebagai data input peramalan.
Jumlah hari adalah 365 hari, yaitu tahun 2017. Tahap berikutnya adalah
melakukan peramalan berdasarkan angka random. Selanjutnya menentukan nilai
akurasi dengan menggunakan Standar Kesalahan Peramalan
(Forecast Error
) dan
dibandingkan tingkat akurasinya dengan data bulan Januari 2018. Nilai SKP yang
akurat yaitu 0 terdapat pada percobaan kesebelas interval angka random 3001 –
4000. Nilai SKP yang jauh dari akurat yaitu 33,05 terdapat pada percobaan
kesebelas interval angka random 8001 – 9000. Mengacu pada nilai SKP
berdasarkan rata – rata nilai
(meter
) hasil ramalan per interval angka random,
maka acuan terbaik untuk menghitung peramalan selanjutnya menggunakan
interval angka random 1 – 1000 dengan nilai SKP 0,6.
Kata kunci : Peramalan, Monte Carlo, Alternatif, Banner Vynil

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Adi Cahyanto, Triawan
nidn0702098804

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:25
Last Modified: 04 Dec 2020 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item