PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO

ALI MUKARROM, MUHAMMAD (2019) PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (523kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Banner adalah salah satu jenis media digunakan untuk promosi, propaganda, atau berita, baik berupa tulisan, gambar atau kombinasi keduanya dengan berbagai varian warna (full colour ), yang sudah dicetak menggunakan mesin cetak digital. Berdasarkan masalah pada CV. Creative Design yang pernah mengalami kekurangan bahan produksi dan pengalaman terjadinya penimbunan bahan baku. Untuk pengoptimalan jumlah hasil produksi diperlukan adanya pembenahan sistem. Oleh karena itu dipilih Metode Monte Carlo karena metode ini memanfaatkan strong law of large number dalam melakukan perhitungan, yang berarti semakin banyak variabel acak yang digunakan akan semakin baik pula pendekatan nilai eksaknya. Metode Monte Carlo sendiri adalah algoritma komputasi untuk mensimulasikan perilaku sistem fisika dan matematika yang dapat memberikan segala kemungkinan nilai dari suatu variabel. Tahap awal melakukan perhitungan distribusi probabilitas/ kemungkinan pada tiap variabel yang ada. Berikutnya menghitung frekuensi dari setiap variabel yang ditemukan. data penjualan yang digunakan sebagai data input peramalan. Jumlah hari adalah 365 hari, yaitu tahun 2017. Tahap berikutnya adalah melakukan peramalan berdasarkan angka random. Selanjutnya menentukan nilai akurasi dengan menggunakan Standar Kesalahan Peramalan (Forecast Error ) dan dibandingkan tingkat akurasinya dengan data bulan Januari 2018. Nilai SKP yang akurat yaitu 0 terdapat pada percobaan kesebelas interval angka random 3001 – 4000. Nilai SKP yang jauh dari akurat yaitu 33,05 terdapat pada percobaan kesebelas interval angka random 8001 – 9000. Mengacu pada nilai SKP berdasarkan rata – rata nilai (meter ) hasil ramalan per interval angka random, maka acuan terbaik untuk menghitung peramalan selanjutnya menggunakan interval angka random 1 – 1000 dengan nilai SKP 0,6. Kata kunci : Peramalan, Monte Carlo, Alternatif, Banner Vynil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Department: S1 Teknik Informatika
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDAdi Cahyanto, Triawannidn0702098804
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:25
Last Modified: 04 Dec 2020 02:25
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item