PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO
ALI MUKARROM, MUHAMMAD (2019) PERAMALAN PRODUKSI BANNER PADA CV. CREATIVE DESIGN MENGGUNAKAN METODE MONTE CARLO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (523kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (99kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (217kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (262kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
Abstract
Banner adalah salah satu jenis media digunakan untuk promosi,
propaganda, atau berita, baik berupa tulisan, gambar atau kombinasi keduanya
dengan berbagai varian warna
(full colour
), yang sudah dicetak menggunakan
mesin cetak digital. Berdasarkan masalah pada CV. Creative Design yang pernah
mengalami kekurangan bahan produksi dan pengalaman terjadinya penimbunan
bahan baku. Untuk pengoptimalan jumlah hasil produksi diperlukan adanya
pembenahan sistem. Oleh karena itu dipilih Metode Monte Carlo karena metode
ini memanfaatkan strong law of large number dalam melakukan perhitungan,
yang berarti semakin banyak variabel acak yang digunakan akan semakin baik
pula pendekatan nilai eksaknya. Metode Monte Carlo sendiri adalah algoritma
komputasi untuk mensimulasikan perilaku sistem fisika dan matematika yang
dapat memberikan segala kemungkinan nilai dari suatu variabel.
Tahap awal melakukan perhitungan distribusi probabilitas/ kemungkinan
pada tiap variabel yang ada. Berikutnya menghitung frekuensi dari setiap variabel
yang ditemukan. data penjualan yang digunakan sebagai data input peramalan.
Jumlah hari adalah 365 hari, yaitu tahun 2017. Tahap berikutnya adalah
melakukan peramalan berdasarkan angka random. Selanjutnya menentukan nilai
akurasi dengan menggunakan Standar Kesalahan Peramalan
(Forecast Error
) dan
dibandingkan tingkat akurasinya dengan data bulan Januari 2018. Nilai SKP yang
akurat yaitu 0 terdapat pada percobaan kesebelas interval angka random 3001 –
4000. Nilai SKP yang jauh dari akurat yaitu 33,05 terdapat pada percobaan
kesebelas interval angka random 8001 – 9000. Mengacu pada nilai SKP
berdasarkan rata – rata nilai
(meter
) hasil ramalan per interval angka random,
maka acuan terbaik untuk menghitung peramalan selanjutnya menggunakan
interval angka random 1 – 1000 dengan nilai SKP 0,6.
Kata kunci : Peramalan, Monte Carlo, Alternatif, Banner Vynil
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDAdi Cahyanto, Triawannidn0702098804
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 02:25 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 02:25 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7146 |
Actions (login required)
View Item |