ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MARKETPLACE ONLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE



RAZAQI SALAM, SAADILLAH (2019) ANALISIS SENTIMEN PADA MEDIA SOSIAL FACEBOOK TERHADAP MARKETPLACE ONLINE DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL.pdf] Text
ARTIKEL.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keberadaan marketplace online di Indonesia membuat berbelanja secara
online menjadi lebih mudah. Namun terdapat perasaan kepuasan ataupun
ketidakpuasan dalam penggunaannya. Media sosial Facebook menjadi salah satu
media yang digunakan masyarakat untuk menyampaikan perasaan tersebut. Pada
penelitian ini dilakukan analisis sentimen yang dapat menyimpulkan penilaian
masyarakat terhadap marketplace online. Data yang digunakan pada penelitian ini
adalah komentar dalam fans page Facebook resmi Bukalapak, Shopee dan
Tokopedia pada periode waktu bulan Februari sampai dengan September 2018.
Metode klasifikasi pada penelitian ini menggunakan klasifikasi Support Vector
Machine dengan konsep non linear kernel Radial Basic Function (RBF). Hasil
pengujian dari penelitian ini adalah klasifikasi komentar paling optimal didapatkan
nilai akurasi sebesar 80,5% pada Bukalapak dengan persentase jumlah komentar
positif 42,5% dan komentar negatif 57,5%, sedangkan pada Shopee didapatkan nilai
akurasi sebesar 74% dengan persentase jumlah komentar positif 45% dan komentar
negatif 55%, serta pada Tokopedia didapatkan nilai akurasi sebesar 82% dengan
persentase jumlah komentar positif 37% dan komentar negatif 63%. Sedangkan
kumpulan kata yang mendominasi dari hasil analisis pada Bukalapak sentimen
positif antara lain: sukses, mantap, cepat dan sentimen negatif antara lain: tipu,
bohong, komplain, sedangkan pada Shopee sentimen positif antara lain: gratis,
alhamdulillah, murah dan sentimen negatif antara lain: tipu, susah, kecewa, serta
pada Tokopedia sentimen positif antara lain: mantap, hadiah, sukses dan sentimen
negatif antara lain: eror, payah, tipu.

Kata Kunci : Analisis Sentimen, Facebook, Marketplace Online, Support Vector
Machine.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Nilogiri, Agung
nidn0030037701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:08
Last Modified: 08 Dec 2020 02:08
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7196

Actions (login required)

View Item View Item