Ahmad Imron Ustadie, Syari (2019) Pengaruh Variasi Sudut Pengapian Terhadap Performa Sepeda Motor 115cc. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (513kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (393kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (85kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (339kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (640kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sistem pengapian (ignition) adalah salah satu bagian terpenting dalam proses pembakaran pada motor bakar. Pengapian pada motor bakar di gunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara agar bisa menghasilkan tenaga untuk mengahsilkan langakah kerja. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja pengapian pada sistem pengapian adalah posisi sudut pengapian. Kesesuaian sudut pengapian dapat memberi hasil yang maksimal terhadap proses pembakaran pada motor bakar. Waktu penyalaan adalah dimana saat bunga api di percikan oleh busi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang dikompresi oleh piston, kemudian mengahasilkan tekanan sehingga digunkan untuk menghasilkan langkah kerja. Salah satu cara untuk meningkatkan performa sepeda motor adalah dengan memodifikasi sistem pengapian sepeda motor yaitu denga cara merubah sudut pengapian yang berada pada magnet. Namun cara tersebut kurang efisien karena bisa merusak pikc up atau tonjolan yang berada pada magnet tersebut. Karena itulah dilakukan pengujian secara experimental menggunakan CDI (Capasitor Discharge Ignition) programable yang bisa di rubuah sudut pengapian nya menggunakan remot CDI tersebut. Untuk pengujian nya menggunakan alat dynamometer atau dynotest, sehingga didapatkan perbandingan antara sudut pengapian standart dan sudut pengapian variasi. Titik sudut pengapian terbaik dalam pengambilan torsi (T) adalah pada sudut pengapian 17° BTDC dengan torsi 7.78 N.m sedangkan dalam pengambilan nilai daya (Ne) adalah pada sudut pengapian 17° BTDC dengan daya 7,49 hp. Kata Kunci : CDI Programable, Sudut Pengapian, RPM, Dynotest.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Science 600 Technology and Applied Science > 620 Engineering |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering (S1) | |||||||||
Department: | S1 Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2020 04:35 | |||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2020 04:35 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7274 |
Actions (login required)
View Item |