Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci (Pavement Condition Index) (Studi Kasus: Ruas Jalan Kenanga – Cempaka Kec. Patrang, Kab. Jember)



Ramdhani, Azmal Fauzi (2019) Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Pci (Pavement Condition Index) (Studi Kasus: Ruas Jalan Kenanga – Cempaka Kec. Patrang, Kab. Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL AZMAL FAUZI RAMDHANI.pdf] Text
ARTIKEL AZMAL FAUZI RAMDHANI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak.pdf] Text
Abstrak.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)
[thumbnail of 1510611011.pdf] Text
1510611011.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu tahapan untuk menentukan jenis program evaluasi yang diperlukan. Metode yang digunakan dalam melakukan penilaian kondisi jalan adalah metode PCI (Pavment Condition Index) dengan cara merangking kondisi perkerasan dari 0 sampai 100. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi kerusakan ruas jalan Kenanga-Cempaka.
Metode PCI ini harus dilakukan dengan cara penelitian lapangan data primer. Data yang didapat dari penelitian yaitu dimensi jalan, jenis kerusakan, dimensi kerusakan, tingkat kerusakan. Pada tahap survei dibagi menjadi 3 segmen, segmen pertama pada sta.0+000 s/d sta.0+800, segmen kedua pada sta.0+800 s/d sta.1+700, dan segmen ketiga sta 1+700 s/d sta.2+400.
Hasil evaluasi kondisi ruas jalan Kenanga-Cempaka dengan metode PCI pada segmen pertama didapatkan nilai tingkat kerusakan 57 masuk kriteria sedang, segmen kedua dengan nilai tingkat kerusakan 40 masuk kriteria sangat buruk, dan segmen ketiga dengan nilai tingkat kerusakan 42 masuk kriteria buruk sedangkan untuk nilai keseluruhan Sta.0+000 s/d 2+400 didapatkan nilai kerusakan sebesar 46 buruk (POOR). Solusi perbaikan jalan menggunakan overlay Bina Marga 1987 pada jalan kenanga didapatkan tebal lapis perkerasan sebesar 2 cm sehingga hasil total tebal lapisan nya yaitu 32 cm sedangkan pada jalan cempaka didapatkan tebal lapis perkerasan 2 cm sehingga hasil total tebal lapisan nya yaitu 32 cm.
Kata Kunci : Evaluasi tingkat kerusakan , Metode PCI, Bina Marga 1987.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Irawati, Irawati
nidn0702057001
UNSPECIFIED
Surya Manggala, Adhitya
nidn0727088701

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering
600 Technology and Applied Science > 620 Engineering > 624 Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:11
Last Modified: 19 Feb 2025 08:29
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7301

Actions (login required)

View Item View Item