ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM BONDOWOSO
Lindawati, Evi (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL.pdf Download (504kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (188kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (164kB) |
|
Text
BAB I.docx.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
|
Text
BAB IV Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
BAB V Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
Text
BAB VI Baru.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (494kB) |
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Teks Undang-Undang Dasar 1945
Kemampuan membaca setiap siswa berbeda-beda, keterampilan membaca
menduduki posisi dan peran yang penting dalam kehidupan manusia. Terkadang masih
banyak permasalahan saat membaca, salah satunya adalah ketika pembacaan teks UndangUndang
Dasar
1945
ketika
upacara
bendera
terjadi
kesalahan
pembacaan
yang
membuat
bahan
tertawaan
muncul
saat
upacara.
Adajugasiswa
yang
lancer
membaca
tetapi
intonasi,
lafal,
jeda
dan
sikap
percaya
diri saat
pembacaan
kurang
diperhatikan.
Masalahan
dan
tujuan
yang
muncul
dalam
latar
belakang
penelitian
ini
adalah
bagaimana
kemampuan
membaca
teks Undang-Undang
Dasar
1945.
Subjek
dalam
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
VII
B
yang
berjumlah
19 orang
yang
terdiri
dari
perempuan.
Penelitian
dilakukan
selama
2 hari.
Lokasi
Penelitian
dilaksanakan
di
MTs
Miftahul
Ulum
yang
beralamat
di
Jalan
Trunojoyo
No 35 Desa
Tumpeng
Kecamatan
Wonosari
Kabupaten
Bondowoso.
Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam
penelitian ini adalah fakta yang berupa kata-kata dan tindakan yang dilakukan oleh siswa
kelas VII dalam membacakan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam penelitian ini, peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumen. dokumen adalah catatan
peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar
hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen dalam penelitian ini adalah rekaman audio visual
(gambar hidup) tentang aktivitas siswa membacakan teks Undang-Undang Dasar 1945.
Data yang diteliti akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk
deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah (1)
reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan data penelitian dan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti,
ditemukan Sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil pembacaan teks Undang-Undang
Dasar 1945, kemampuan siswa dibedakan sesuai criteria penilaian, ada 3 siswa mencapai
criteria baik sekali, 9 siswa mendapatkan criteria baik, dan 5 siswa mendapatkan criteria
cukup. Hasil dari pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 siswa sudah baik dalam
membacakannya, tapi masih perlu bimbingan lagi agar lebih baik.
ContributionContributor NameNIDN/NIDKUNSPECIFIEDMijianti, Yerrynidn0709108101
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 02:47 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 02:47 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7642 |
Actions (login required)
View Item |