ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM BONDOWOSO

Lindawati, Evi (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA TEKS UNDANG-UNDANG DASAR 1945 SISWA KELAS VII MTS MIFTAHUL ULUM BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (504kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (279kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB IV Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] Text
BAB V Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] Text
BAB VI Baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (494kB)

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Teks Undang-Undang Dasar 1945 Kemampuan membaca setiap siswa berbeda-beda, keterampilan membaca menduduki posisi dan peran yang penting dalam kehidupan manusia. Terkadang masih banyak permasalahan saat membaca, salah satunya adalah ketika pembacaan teks UndangUndang Dasar 1945 ketika upacara bendera terjadi kesalahan pembacaan yang membuat bahan tertawaan muncul saat upacara. Adajugasiswa yang lancer membaca tetapi intonasi, lafal, jeda dan sikap percaya diri saat pembacaan kurang diperhatikan. Masalahan dan tujuan yang muncul dalam latar belakang penelitian ini adalah bagaimana kemampuan membaca teks Undang-Undang Dasar 1945. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 19 orang yang terdiri dari perempuan. Penelitian dilakukan selama 2 hari. Lokasi Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Ulum yang beralamat di Jalan Trunojoyo No 35 Desa Tumpeng Kecamatan Wonosari Kabupaten Bondowoso. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah fakta yang berupa kata-kata dan tindakan yang dilakukan oleh siswa kelas VII dalam membacakan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumen. dokumen adalah catatan peristiwa yang sudah berlalu. Dokumen yang berbentuk gambar, misalnya foto, gambar hidup, sketsa dan lain-lain. Dokumen dalam penelitian ini adalah rekaman audio visual (gambar hidup) tentang aktivitas siswa membacakan teks Undang-Undang Dasar 1945. Data yang diteliti akan dianalisis secara kualitatif serta diuraikan dalam bentuk deskriptif. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Berdasarkan data penelitian dan analisis data yang telah dilakukan oleh peneliti, ditemukan Sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945, kemampuan siswa dibedakan sesuai criteria penilaian, ada 3 siswa mencapai criteria baik sekali, 9 siswa mendapatkan criteria baik, dan 5 siswa mendapatkan criteria cukup. Hasil dari pembacaan teks Undang-Undang Dasar 1945 siswa sudah baik dalam membacakannya, tapi masih perlu bimbingan lagi agar lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: rahma wahyu ningsih
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDMijianti, Yerrynidn0709108101
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:47
Last Modified: 05 Jan 2021 02:47
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7642

Actions (login required)

View Item View Item