Aisyiyah, Lum’atul (2018) Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas Delapan Melalui Kerja Pasangan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
Artikel.pdf Download (382kB) |
|
Text
A INTRODUCTION.pdf Download (489kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
|
Text
CHAPTER I.pdf Download (250kB) |
|
Text
CHAPTER II.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text
CHAPTER III.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
|
Text
CHAPTER IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
|
Text
CHAPTER V.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) |
|
Text
CHAPTER VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
REFERENCES.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Menulis adalah salah satu dari empat keterampilan bahasa yang diajarkan setelah berbicara, mendengarkan, dan membaca. Kegiatan menulis memiliki kontribusi penting bagi siswa sehingga siswa harus meningkatkan keterampilan menulis mereka. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan dalam menulis teks recount. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang berjudul "Meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan melalui kerja pasangan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan". Dalam penelitian ini, masalahnya adalah: 1. Bagaimana teknik Pair Work meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan pada tahun ajaran 2017/2018? 2. Bagaimana teknik Pair work meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan pada tahun ajaran 2017/2018? Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah kelas VIII yang terdiri dari 26 siswa. Data dikumpulkan menggunakan tes tertulis dan observasi checklist. Penerapan teknik kerja pasangan dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, kinerja peneliti tidak terlalu baik dan ada setengah dari seluruh siswa yang melakukan tugas sesuai dengan instruksi tetapi pada siklus kedua kinerja guru baik dan ada hampir semua siswa melakukan tugas sesuai dengan instruksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus 1, tidak ada peningkatan tes menulis siswa (57,70%) dan keaktifan (57,69%). Kemudian, peneliti melanjutkan ke siklus 2 dengan merevisi rencana pelajaran dan memodifikasi kegiatan belajar mengajar, diperoleh hasil bahwa ada peningkatan tes menulis siswa (88,46%) dan keaktifan (80,77%). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa teknik kerja pasangan dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas delapan dan keaktifan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan pada tahun ajaran 2017/2018 Kata Kunci: Menulis, Pasangan Kerja, Partisipasi Keaktifan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric 800 Literature and Rhetoric > 807 Education and Research of Literatures |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Inggris | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 06 Jan 2021 01:59 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jan 2021 01:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7675 |
Actions (login required)
View Item |