Imas Ardito, Prayogie (2018) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
ARTIKEL JURNAL.pdf Download (231kB) |
|
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (103kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (224kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
Text
1. Matrik Penelitian.pdf Download (98kB) |
Abstract
Kata Kunci: kemampuan, representasi matematis, visual, ekspresi matematika, verbal, masalah matematika, masalah geometri. Representasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan. Representasi tentunya memiliki peran penting dalam pendidikan matematika. Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu proses penting dalam pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran, setiap siswa memperoleh pemaham konsep yang telah diajarkan. Kecenderungan siswa dalam penyelesaian suatu soal matematika masih bergantung dari apa yang diberikan oleh guru, akan tetapi masih ada masalah matematika yang tentunya dalam penyelesaiannya diperlukan pengembangan terhadap konsep yang telah diterima oleh siswa. Mengingat pentingnya representasi dalam belajar matematika, maka siswa hendaknya lebih meningkatkan kemampuan repersentasi matematis dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan representasi matematis visual, ekspresi matematika dan verbal siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan geometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis visual, ekspresi matematika dan verbal siswa kelas XI IPA SMA Nuris Jember dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan geometri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus analisis situasi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada tanggal 27 Januari 2018 di SMA Nuris Jember. Peneliti menggunakan dua teknik pengumpulan data diantaranya yaitu pemberian soal tes dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil kemampuan representasi visual siwa tinggi, kemampuan representasi ekspresi matematika siswa tinggi dan ekspresi matematika verbal siswa rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tinggi rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dipengaruhi oleh pengetahuan dan pemahaman konsep pada pokok bahasan geometri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 02:14 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7749 |
Actions (login required)
View Item |