ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI



Imas Ardito, Prayogie (2018) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN GEOMETRI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL JURNAL.pdf] Text
ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of 1. Matrik Penelitian.pdf] Text
1. Matrik Penelitian.pdf

Download (98kB)

Abstract

Kata Kunci: kemampuan, representasi matematis, visual, ekspresi
matematika, verbal, masalah matematika, masalah geometri.

Representasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan.
Representasi tentunya memiliki peran penting dalam pendidikan matematika.
Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu proses penting dalam
pembelajaran matematika. Dalam pembelajaran, setiap siswa memperoleh
pemaham konsep yang telah diajarkan. Kecenderungan siswa dalam penyelesaian
suatu soal matematika masih bergantung dari apa yang diberikan oleh guru, akan
tetapi masih ada masalah matematika yang tentunya dalam penyelesaiannya
diperlukan pengembangan terhadap konsep yang telah diterima oleh siswa.
Mengingat pentingnya representasi dalam belajar matematika, maka siswa
hendaknya lebih meningkatkan kemampuan repersentasi matematis dalam
menyelesaikan permasalahan matematika.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan
representasi matematis visual, ekspresi matematika dan verbal siswa kelas XI IPA
SMA Nuris Jember dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan geometri.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi
matematis visual, ekspresi matematika dan verbal siswa kelas XI IPA SMA Nuris
Jember dalam menyelesaikan masalah pada pokok bahasan geometri.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kualitatif dengan studi kasus analisis situasi. Pelaksanaan penelitian yaitu pada
tanggal 27 Januari 2018 di SMA Nuris Jember. Peneliti menggunakan dua teknik
pengumpulan data diantaranya yaitu pemberian soal tes dan wawancara. Teknik
pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi,
menggunakan bahan referensi dan mengadakan membercheck.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari hasil kemampuan
representasi visual siwa tinggi, kemampuan representasi ekspresi matematika
siswa tinggi dan ekspresi matematika verbal siswa rendah.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tinggi rendahnya kemampuan
representasi matematis siswa dipengaruhi oleh pengetahuan dan pemahaman
konsep pada pokok bahasan geometri.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
JATMIKOWATI, Tri Endang
nidn0029125901
UNSPECIFIED
Dwi Windy, Yoga
nidn0730038902

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 02:14
Last Modified: 11 Jan 2021 02:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7749

Actions (login required)

View Item View Item