TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP ISLAM RAUDLATUL HASAN



DWI RAMADHANI, RIZKY ISKANANDA (2018) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP ISLAM RAUDLATUL HASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of ARTIKEL-JURNAL .pdf] Text
ARTIKEL-JURNAL .pdf

Download (138kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (250kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of 1210221083.pdf] Text
1210221083.pdf

Download (203kB)

Abstract

Kata Kunci : tindak tutur direktif, pembelajaran Bahasa Indonesia

Guru memproduksi berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa. Ketika
Mengajar, salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik,
khususnya pada aspek tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi antara guru
dan siswa SMP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Raudlatul
Hasan Pakuwesi Kecamatan Curahdami Bondowoso. Proses pembelajaran dikelas
merupakan wujud tindak tutur seorang guru dalam mentransfer ilmu pada
siswanya. Dalam proses tuturan tersebut sering kali guru melakukan ujaran
direktif pada kelas VIII SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Bondowoso.
Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kategori
dan konstruksi tindak tutur direktif Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana penggunaan Konstruksi dan Kategori Tindak Tutur Direktif yang digunakan
oleh Guru Bahasa Indonesia pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah
Guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Raudlatul Hasan Bondowoso.
Tempat penelitian di SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Kabupaten Bondowoso, pada tanggal 2 Mei 2017 – 8 Juni 2017.
Teknik pengumpul data adalah teknik Observasi, Rekam, Wawancara, Catat.
Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti menjadi instrument kunci dalam
memperoleh data. Data dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan model
interaksi yaitu sesuai dengan konteks sosial interaksi dikelas. Analisis data secara
interaktif meliputi : pengumpulan data, reduksi data, pengkajian data, dan
penarikan kesimpulan (verifikasi) dengan memanfaatkan triangulasi sebagai
teknik pengecekan keabsahan penemuan penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan kata atau kalimat yang diucapkan oleh
guru memenuhi kriteria dari tindak tutur direktif. Setelah itu kata yang telah
masuk dalam kriteria tindak tutur direktif digolongkan kembali dalam kategori
dan konstruksi tindak tutur direktif. Dalam tindak tutur direktif terdapat enam
yang termasuk dalam kategori tindak tutur direktif yaitu requestives, questions,
requirements, prohibitive, permissives, dan advisoris. Sedangkan konstruksinya

xiv
teridiri dari konstruksi makna imperatif yang terdiri dari makna imperatif perintah,
imperatif suruhan, imperatif permintaan, imperatif persilaan, imperatif ajakan,
imperatif mengijinkan, dan imperatif larangan.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah tindak tutur
guru bahasa Indonesia telah memenuhi unsur kategori dan konstruksi karena
terdapat kata atau kalimat yang menjadi penanda dalam kategori dan konstruksi
tindak tutur direktif.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Anggraeni, Astri Widyaruli
nidn0710018609
UNSPECIFIED
Suhaedi, Hasan
nidn#

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:01
Last Modified: 21 Feb 2025 02:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7759

Actions (login required)

View Item View Item