TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP ISLAM RAUDLATUL HASAN
DWI RAMADHANI, RIZKY ISKANANDA (2018) TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU BAHASA INDONESIA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP ISLAM RAUDLATUL HASAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
ARTIKEL-JURNAL .pdf Download (138kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
![]() |
Text
1210221083.pdf Download (203kB) |
Abstract
Kata Kunci : tindak tutur direktif, pembelajaran Bahasa Indonesia
Guru memproduksi berbagai tindak tutur dalam berbagai peristiwa. Ketika
Mengajar, salah satu peristiwa berbahasa yang menarik dikaji secara pragmatik,
khususnya pada aspek tindak tutur adalah peristiwa tutur yang terjadi antara guru
dan siswa SMP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Raudlatul
Hasan Pakuwesi Kecamatan Curahdami Bondowoso. Proses pembelajaran dikelas
merupakan wujud tindak tutur seorang guru dalam mentransfer ilmu pada
siswanya. Dalam proses tuturan tersebut sering kali guru melakukan ujaran
direktif pada kelas VIII SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Bondowoso.
Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kategori
dan konstruksi tindak tutur direktif Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran
Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh
mana penggunaan Konstruksi dan Kategori Tindak Tutur Direktif yang digunakan
oleh Guru Bahasa Indonesia pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah
Guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Islam Raudlatul Hasan Bondowoso.
Tempat penelitian di SMP Islam Raudlatul Hasan Pakuwesi Kecamatan
Curahdami Kabupaten Bondowoso, pada tanggal 2 Mei 2017 – 8 Juni 2017.
Teknik pengumpul data adalah teknik Observasi, Rekam, Wawancara, Catat.
Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti menjadi instrument kunci dalam
memperoleh data. Data dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan model
interaksi yaitu sesuai dengan konteks sosial interaksi dikelas. Analisis data secara
interaktif meliputi : pengumpulan data, reduksi data, pengkajian data, dan
penarikan kesimpulan (verifikasi) dengan memanfaatkan triangulasi sebagai
teknik pengecekan keabsahan penemuan penelitian.
Hasil analisis data menunjukkan kata atau kalimat yang diucapkan oleh
guru memenuhi kriteria dari tindak tutur direktif. Setelah itu kata yang telah
masuk dalam kriteria tindak tutur direktif digolongkan kembali dalam kategori
dan konstruksi tindak tutur direktif. Dalam tindak tutur direktif terdapat enam
yang termasuk dalam kategori tindak tutur direktif yaitu requestives, questions,
requirements, prohibitive, permissives, dan advisoris. Sedangkan konstruksinya
xiv
teridiri dari konstruksi makna imperatif yang terdiri dari makna imperatif perintah,
imperatif suruhan, imperatif permintaan, imperatif persilaan, imperatif ajakan,
imperatif mengijinkan, dan imperatif larangan.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah tindak tutur
guru bahasa Indonesia telah memenuhi unsur kategori dan konstruksi karena
terdapat kata atau kalimat yang menjadi penanda dalam kategori dan konstruksi
tindak tutur direktif.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDAnggraeni, Astri Widyarulinidn0710018609UNSPECIFIEDSuhaedi, Hasannidn#
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) |
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com |
Date Deposited: | 11 Jan 2021 03:01 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 02:20 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7759 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |