ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUBOH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2017/2018



Fefriyadi, Robbi (2018) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUBOH SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of jurnal.pdf] Text
jurnal.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[thumbnail of BAB 6.pdf] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (675kB)

Abstract

Kata Kunci: kemampuan membaca berita, informasi tersurat dan tersirat
Kemampuan membaca berita merupakan unsur penting dalam kehidupan
sehari-hari untuk memperoleh informasi yang berkualitas. Informasi tersurat
adalah memahami makna yang terdapat di dalam teks berita.sedangkan informasi
tersirat adalah memahami gagasan yang disampaikan secara tidak langsung.
Permasalahn yang muncul dari latar belakang adalah bagai mana
kemampuan menemukan informasi tersurat dan tersirat siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Suboh Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kemampuan menemukan informasi tersurat dan tersirat siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Suboh Situbondo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah
siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 2 Suboh Situbondo. Tempat Penelitian di
SMP Negeri 2 Suboh Situbondo, pada tanggal 11-12 Mei 2018. Teknik
pengumpulan data adalah teknik tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes
dengan soal-soal terdiri soal subjektif. Data dalam penelitian dianalisis dengan
metode analisis deskriftif kuantitatif yaitu angka-angka yang diperoleh dari hasil
kemampuan membaca berita siswa, pengecekan data, pengkoreksiaan,
pengtabulasian, pengklasifikasian, dan pennyimpulan data.
Hasil analisis data menunjukkan kemampuan membaca berita siswa
menemukan informasi tersurat rata-rata kurang mampu yaitu mencapai 47,5% dan
menemukan informasi tersirat rata-rata kurang mampu mencapai 82,5%.
Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Suboh Situbondo Tahun Pelajaran 2017/2018 dikatakan kurang
mampu membaca berita yaitu untuk menemukan informasi tersurat dan informasi
tersirat mencapai 37,5%. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan masukan untuk
meningkatkan kemampuan membaca bagai sekolah, guru dan siswa.

Contribution
Contributor Name
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hanafi, Hanafi
nidn0015086701
UNSPECIFIED
Samsuri, Samsuri
nidn0705056605

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: rahma wahyu ningsih | ningsihrahmawahyu@gmail.com
Date Deposited: 11 Jan 2021 03:19
Last Modified: 11 Jan 2021 03:19
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7764

Actions (login required)

View Item View Item