Mar’atul Mutiah, Silfiana (2018) KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWI KELAS VIII D SMP MUHAMMADIYAH 1 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
JURNAL.pdf Download (400kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (415kB) |
Abstract
Kata Kunci: Unsur Fisik puisi dan Unsur Batin puisi. Struktur fisik puisi adalah unsur pembangun puisi dari luar. Puisi disusun dari kata dengan bahasa yang indah dan bermakna yang dituliskan dalam bentuk bait-bait. Orang dapat membedakan mana puisi dan mana bukan puisi berdasarkan bentuk lahir atau fisik yang terlihat. Berikut ini akan dibahas unsur fisik puisi yang meliputi : diksi, pengimajian, majas, tipografi, kata konkert, rima. Unsur batin puis merupakan wacana teks puisi secara utuh yang mengandung arti atau makna yang hanya dapat dilihat atau dirasakan melalui pennghayatan. Tanpa penghayatan unsur-unsur puisi yang membangun dari dalam, mustahil dapat memahami puisi secara benar. Struktur batin puisi merupakan isi atau makna yang sesungguuhnya ingin diekspresikan penyair melalui puisinya Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana kemampuan menulis puisi unsur fisik dan unsur batin siswi SMP Muhammadiyah 1 Jembe. Tujuan Penelitian untuk mendeskriosikan kemampuan menulis puisi berdasarkan unsur fisik dan unsur batin. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif. Sasaran penelitian ini adalah siswi kelas VIII D SMP Muhammadiyah 1 Jember. Tempat penelitian ini di SMP Muhammadiyah 1 Jember, pada tanggal 23 Mei 2018. Teknik pengumpulan data adalah Tes. Instrument dalam penelitian adalah peneliti selaku instrument utama dan dibantu berupa tabel sebagai penilain kemampuan menulis puisi. data dalam penelitian di analisis dengan metode deskriptif kuantitatif yaitu adata yang diperoleh dibaca dan ditandai, diklasifikasi, menyajikan tabel, menganalisi data menggunakan tabel, menyimpulkan. Hasil analisis data menunjukan siswi kelas VIII D dalam menulis puisi dikatakan baik, karena sebagian besar dari presntase 23 siswi hanya 3 siswi yang belum di kategorikan tidak mampu karena nilai yang diperoleh belum mencapai KKM dengan nilai 75, sedangkan peresentase 20 siswi dikatakan baik karena nilai di atas nilai KKM. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian adalah siswi kelas VIII D sudah baik dalam menulis puisi karena nilai yang didapat mencapai nilai KKM 75, dikarenakan kemampuan menulis puisi siswi kelas VIII D telah memenuhi kreteria.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | rahma wahyu ningsih | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 04:27 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 04:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7777 |
Actions (login required)
View Item |