Permatasari, Dina Yulia (2018) Analisis Self Efficacy Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Nuris Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
artikel.pdf Download (100kB) |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (333kB) |
|
Text
14 abstrak.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini diantaranya self efficacy adalah keyakinan seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas. Dan kemampuan menyelesaikan masalah perlu dibarengi dengan pengembangan self efficacy. Sehingga self efficacy sangat penting ada pada diri siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana self efficacy siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan aritmetika sosial kelas VII SMP Nuris Jember ? (2) Bagaimana self efficacy siswa yang berkemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan aritmetika sosial kelas VII SMP Nuris Jember ? (3) Bagaimana self efficacy siswa yang berkemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan aritmetika sosial kelas VII SMP Nuris Jember ? Terdapat tiga tujuan penelitian yang dirangkum peneliti adalah untuk mengetahui dan menggambarkan self efficacy siswa yang berkemampuan tinggi, sedang dan, rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pokok bahasan aritmetika sosial kelas VII SMP Nuris Jember. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pelaksanaan penilitian yaitu pada 18 Mei 2018 di kelas VIIE SMP Nuris Jember. Peneliti menggunakan empat teknik pengumpulan data diantaranya, yaitu tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh self efficacy siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan mampu memenuhi indikator level, generality dan strenght. Self efficacy siswa yang memiliki kemampuan sedang dapat menyelesaikan kemampuan matematika dengan baik tetapi hanya memenuhi indikator level dan indikator strenght. Self efficacy siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah tidak dapat menyelesaikan masalah dan belum memenuhi indikator level, generality dan strenght. Kesimpulan penelitian ini adalah self efficacy siswa yang memiliki kemampuan tinggi memenuhi semua indikator self efficacy. Self efficacy siswa yang memiliki kemampuan sedang hanya memenuhi dua indikator self efficacy. Self efficacy siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah belum memenuhi semua indikator self efficacy. Kata kunci: self efficacy, menyelesaikan masalah matematika, aritmetika sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Dinda Novitasari | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2021 04:49 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2021 04:49 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7779 |
Actions (login required)
View Item |