Hubungan Antara Latar Belakang Akademis Orang Tua Dengan Minat Siswa Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Umbulsari

Marcindo, Risa (2020) Hubungan Antara Latar Belakang Akademis Orang Tua Dengan Minat Siswa Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Umbulsari. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (781kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (280kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (525kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (428kB)

Abstract

ABSTRAK Marcindo, Risa. 2020. Hubungan antara Latar Belakang Akademis Orang Tua dengan Minat Siswa dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas IX SMA Negeri Umbulsari. Skripsi. Program Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing: (1) Nurul Imamah .A.H, M.Si (2) Hana Puspita Eka Firdaus, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Latar Belakang Akademis Orang Tua, Minat Belajar Siswa. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas XI SMAN 1 Umbulsari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh latar belakang akademis orang tua terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran matematika dan menggambarkan perbedaan siswa dengan minat belajar yang tinggi dan siswa dengan minat belajar yang rendah berdasarkan dengan latar belakang akademis orang tua. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantiatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala likert yang dimodifikasi. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 44 siswa diambil dari 20 % jumlah populasi sebanyak 280 siswa. Data diperoleh melalui angket minat dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian pengaruh latar belakang akademis orang tua terhadap minat belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Umbulsari adalah Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa tidak banyak dipengaruhi oleh latar belakang akademis orang tua di mana R Square pada Analisa spss 2.5 menunjukkan nilai 0.046 yang artinya bahwa Latar Belakang Akademis Orang Tua memberikan kontribusi sebesar 0,046 (0,046 x 100% = 4,6%) atau berkontribusi sebesar 4,6 % terhadap Minat Belajar Matematika siswa. Hal ini menunjukkan adanya variabel lain di luar penelitian yang mempengaruhi minat belajar siswa, dengan nilai yaitu 95,4%. Lebih jauh, Koefisien regresi juga bernilai negatif (tidak searah), sebesar - 0,207 artinya, jika Latar Belakang Akademis Orang Tua (LBAO) naik sebesar 1 satuan, maka Minat Belajar Matematika siswa (MBMS) akan menurun sebesar 0,207. Sehingga, jika Latar Belakang Akademis Orang Tua meningkat sebesar 0,207 maka Minat Belajar Matematika siswa juga akan menurun sebesar 0,207. Sedangkan dari hasil wawancara dengan orang tua, ada temuan yang menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat pendidikan, persepsi, minat, penekanan dan usaha orang tua dalam meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Antara Latar Belakang Akademis Orang Tua Dengan Minat Siswa Dalam Pelajaran Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri Umbulsari
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: MARCINDO RISA
Date Deposited: 15 Jan 2021 03:51
Last Modified: 15 Jan 2021 03:54
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/7873

Actions (login required)

View Item View Item