Analisis Ketepatan Kalimat Majemuk Bertingkat Pada Siswa Kelas Viiia Mts Akbar Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016



Irmadiyanto, Yudi (2017) Analisis Ketepatan Kalimat Majemuk Bertingkat Pada Siswa Kelas Viiia Mts Akbar Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of PENDAHULUAN.pdf] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of Daftar Rujukan.pdf] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)

Abstract

Struktur kalimat dan konjungsi merupakan bagian terpenting dalam penulisan kalimat majemuk, khususnya kalimat majemuk bertingkat. Struktur kalimat diperlukan dalam membuat kalimat majemuk khususnya kalimat majemuk bertingkat agar susunan kalimatnya menjadi tepat. Sedangkan konjungsi diperlukan dalam pembuatan kalimat karena menjadi penghubung antara induk kalimat dan anak kalimat. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana ketepatan struktur kalimat yang digunakan pada kalimat majemuk bertingkat pada siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember, bagaimana ketepatan konjungsi yang digunakan pada kalimat majemuk bertingkat pada siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur kalimat yang digunakan pada kalimat majemuk bertingkat pada siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember, mendeskripsikan konjungsi yang digunakan pada kalimat majemuk bertingkat pada siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember. Manfaat dalam penelitian ini adalah bagi guru, bagi siswa, dan bagi peneliti.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah ketepatan struktur kalimat dan konjungsi dalam kalimat majemuk bertingkat yang terdapat pada siswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, dokumentasi yang dimaksud adalah dokumen yang berupa penugasan kepada siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berupa tabel data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur analisis data yang digunakan meliputi; a) reduksi data, b) penyajian data, c) penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat ketepatan struktur kalimat dari 25 siswa hanya ada 10 siswa yang tepat dalam menggunakan struktur kalimat. Struktur kalimat yang dimaksud adalah struktur yang mempunyai S P, kalimat majemuk bertingkatnya harus lengkap, dan memiliki induk kalimat dan anak kalimat, sedangkan dalam penggunaan konjungsi, dari jumlah siswa 25 hanya ada 13 siswa yang tepat dalam menggunakan konjungsi didalam kalimat majemuk bertingkat. Konjungsi tersebut meliputi: (sampai, dengan, ketika, selagi, karena, meskipun, dan kalau). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa kelas VIIIA MTS Akbar Sumbersari Jember menggunakan struktur kalimat dan konjungsi khususnya dalam kalimat majemuk bertingkat memiliki perbedaan pada kemampuan, kreativitas, pengetahuan serta pengalaman dalam menulis kalimat majemuk bertingkat.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Hima, Rofiatul
nidn0702058402
UNSPECIFIED
Nova Ali Vardani, Eka
nidn0710118501

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Ketepatan. Kalimat majemuk Bertingkat.
Subjects: 400 Language
400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Dinda Novitasari | dindanovitasari1710@gmail.com
Date Deposited: 29 Jan 2021 01:40
Last Modified: 29 Jan 2021 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8322

Actions (login required)

View Item View Item