Penerapan Metode Lovaas Dalam Pendidikan Karakter Bina Diri Siswa Autis Kelas 3 SLB STARKID'S Jember

Kresna Wibawa Putra, Aditya (2021) Penerapan Metode Lovaas Dalam Pendidikan Karakter Bina Diri Siswa Autis Kelas 3 SLB STARKID'S Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (182kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (76kB)
[img] Text
C. BAB 1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
D. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (822kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
J. JURNAL.pdf

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala yang dialami guru dalam mengarahkan dan mengembangkan kemandirian dan pendidikan karakter/bina diri siswa autis di SLB Star Kid’s Jember. Anak autis masih mempunyai potensi untuk dilatih dan dikembangkan pendidikan karakter/bina diri nya. Oleh karena itu, kemampuan pendidikan/bina diri anak autis perlu dioptimalkan dengan menerapkan metode Lovaas. Penelitian dengan menerapkan metode Lovas/ Applied Behavior Analysis (ABA) ini bertujuan untuk mengetahui, mengembangkan dan mendeskripsikan tentang proses pelaksanaan dan hasil penerapan metode lovaas/ABA yang diterapkan guru untuk siswa autis kelas 3 sekolah dasar di SLB Star Kid’s Kebosari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitiannya yaitu siswa autis yang duduk di kelas 3 dasar dengan guru kelas yang menanganinya, dan objeknya adalah SLB Star Kid’s Jember. Penelitian ini berfokus pada penggunaan metode Lovaas yang diterapkan oleh guru dalam pendidikan karakter/bina diri siswa autis di SLB Star Kid’s Jember. Pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan cara observasi, wawancara dengan pihak terkait, dan analisis dokumen. Data yang diperoleh dari hasil observasi tersebut dianalisis kemudian data disajikan dalam bentuk teks deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode lovaas/ ABA yang diterapkan di SLB Star Kid’s dapat membantu mengembangkan pendidikan karakter/bina diri siswa autis sehingga siswa autis bisa lebih mandiri. Dampak perilaku yang konsisten dari siswa autis bisa memudahkankan guru untuk mengajarkan hal yang belum dipahami, sehingga bisa membuat siswa autis terus bertumbuh lebih baik. Hal ini terbukti dari beberapa siswa yang lebih cepat menguasai dan menunjukkan beberapa karakter siswa yang sebelumnya tidak terlihat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Lovaas dalam pendidikan karakter/bina diri siswa autis kelas 3 SLB Star Kid’s Kabupaten Jember dilaksanakan dalam 2 siklus. Tahap siklus I, hasilnya bisa menambah kemampuan bina diri siswa namun hasil yang didapat belum signifikan. Pada tahap siklus II siswa lebih difokuskan pada pendidikan karakter terhadap bina diri, dan dilakukan lebih banyak pengulangan dalam mempraktekkan pendidikan karakter pada siswa autis sehingga hasilnya bisa maksimal. Sehingga hasil tindakan siklus II nilai rata-rata kelas meningkat nilainya menjadi 82 dengan presentase kontribusi perubahan pada siswa autis sebesar 53%. Dengan difokuskan pada pendidikan karakter siswa lebih mampu memahami dan mengembangkan pendidikan karakter yang diajarkan maupun yang sudah siswa kuasai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Lovaas Dalam Pendidikan Karakter Bina Diri Siswa Autis Kelas 3 SLB STARKID'S Jember
Subjects: 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Putra Aditya Kresna Wibawa
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorAmilia, Fitrinidn0725068501
Thesis advisorMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Contact Email Address: akresna19@gmail.com
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:05
Last Modified: 03 Mar 2021 01:05
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8665

Actions (login required)

View Item View Item