Struktur Kalimat Pokok dalam Paragraf Karangan Siswa Kelas VII MTsAssidiq Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

Adhi Nugroho, Febri (2017) Struktur Kalimat Pokok dalam Paragraf Karangan Siswa Kelas VII MTsAssidiq Glenmore Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
artikel.pdf

Download (562kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (379kB)

Abstract

Kalimat adalah satuan sintaksis yang disusun dari konstituen dasar yang biasanya berupa klausa, dilengkapi dengan konjungsi bila diperlukan serta disertai dengan intonasi final. Baik kata maupun kalimat merupakan kesatuan bentuk pendukung bahasa yang sangat penting, lebih-lebih dalam bahasa indonesia, karena itu bahasa ditentukan oleh susunan kata maupun oleh susunan kalimatnya. Kalimat merupakan bagian terkecil dalam susunan paragraf dan mempunyai struktur diantaranya S-P-O-K-Pel. Menulis karangan adalah segenap rangkaian seseorang mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada masyarakat pembaca untuk dipahami. Bahan dalam penelitian ini adalah menulis karangan. Masalah penelitian yang ingin dipecahkan adalah bagaimana struktur kalimat pokok yang terdapat pada karangan siswakelas VII MTs. Assidiqi Glenmore Banyuwangi Tahun Ajaran 2016-2017. Penelitian dilakukan untuk mengetahui struktur kalimat dalam sebuah karangan. Kualitatif merupakan kegiatan yang tidak menggunakan angka dalam mengumpulkan data dan dalam memberikan penafsiran terhadap hasilnya. Penelitian tentang struktur kalimat pokok dalam paragraf karangan siswa menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan hasil observasi melalui metode fakta karangan siswa. Data diambil berjumlah 23 orang yang terdiri dari 13 siswi dan 10 siswa. Jumlah data yang ditemukan sebanyak 36 kalimat pokok dengan macam pola kalimat, diantaranya pola KW-S-P-O-K delapan kalimat, S-P-O-K dua kalimat, KW-S-P-Pel satu kalimat, KW-S-P-Pel-K empat kalimat, KW-S-P-O-Pel tiga kalimat, KS-S-P-O-Pel dua kalimat, KW-S-P-Ket satu kalimat, KW—S-P-O empat kalimat, KW-P-O-K satu kalimat,KW-S-P-K empat kalimat,KW-S-P-K-Pel dua kalimat, KT-S-P-K satu kalimat, KT-S-P-O satu kalimat,S-P-O-Pel satu kalimat, dan S-P-K satu kalimat. Selain itu peneliti menemukan kesalahan yang terdapat dalam karangan siswa yaitu penempatan tanda baca dan penulisan huruf kapital.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Struktur, kalimat, pokok, karangan, siswa
Subjects: 800 Literature and Rhetoric
800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Dinda Novitasari
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDHariyono, Hariyononidn#
UNSPECIFIEDMilu Susetyo, Agusnidn0718088602
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:22
Last Modified: 08 Mar 2021 07:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8772

Actions (login required)

View Item View Item