Bahtiar, Akhmad Syarifuddin (2017) Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS di Ruang Rawat Inap RSD Balung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
|
Text
MANUSKRIP.pdf Download (477kB) | Preview |
|
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (571kB) |
||
Text
ABSTRAKS1.pdf Download (128kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (49kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
||
Text
BAB VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
Abstract
Pelayanan keperawatan yang bermutu dan dapat dilihat berdasarkan lima dimensi mutu yang dibuktikan dengan adanya tingkat kepuasan pasien, pelayanan yang berkualitas harus dapat menyasar pada seluruh pasien termasuk pasien BPJS. Desain penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional yang bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien pengguna BPJS. Populasi penelitian ini adalah pasien BPJS di Ruang Rawat Inap RSD Balung Jember sebanyak 128 responden dengan sampel 56 responden yang diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian diketahui yang menyatakan mutu pelayanan keperawatan baik yaitu sebanyak 28 responden (50,0%) dan kualitas sangat baik 20 responden (35,7%) dan kualitas kurang baik 8 responden (14,3%),yang menyatakan sangat puas terhadap pelayanan keperawatan yaitu 14 responden (25,0%) dan puas terhadap pelayanan yaitu 33 responden (58,9%) serta kurang puas 9 responden (16,1%). Hasil uji statistik spearman rho dengan (α = 0,05) didapatkan hasil P value 0,000 dan koefisien korelasi sebesar 0,705 yang artinya adanya hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna BPJS pada Pelayanan Rawat Inap RSD Balung Jember. Semakin baik mutu pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula kepuasan pasien. Hasil penelitian, menunjukan faktor kerapian dan kebersihan ruangan masih menjadi keluhan pasien. Direkomendasikan untuk lebih menjaga kebersihan ruangan rumah sakit agar ruangan terasa nyaman, rapi dan bersih, sehingga pasien merasa lebih puas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mutu, Pelayanan keperawatan, Tingkat kepuasan, pasien BPJS | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health | |||||||||
Divisions: | Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1) | |||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_KODEPRODI14201#ILMUKEPERAWATAN" not defined] | |||||||||
Depositing User: | Hendri UF | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2018 01:38 | |||||||||
Last Modified: | 14 Sep 2019 08:19 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/982 |
Actions (login required)
View Item |