HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER

Al-Amin, Muhammad Fajar (2017) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS BERBASIS PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DENGAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1.Halaman Sampul.pdf

Download (123kB)
[img] Text
4.Halaman Motto.pdf

Download (86kB)
[img] Text
5.Halaman Persetujuan Pembimbing.pdf

Download (85kB)
[img] Text
6.Halaman Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[img] Text
7.Kata Pengantar.pdf

Download (184kB)
[img] Text
9.Halaman Persembahan.pdf

Download (184kB)
[img] Text
10.Daftar Isi.pdf

Download (191kB)
[img] Text
13.Abstrak Indonesia.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (439kB)

Abstract

Pendidikan adalah sebuah proses yang disengaja untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan, meningkatkan, memahamkan, serta membentuk sosok karakter dari seorang pemula hingga menjadi ahlinya. Seperti yang tertulis pada pasal 3 di dalam Undang-Undang SISDIKNAS UU RI No. 20 tahun 2003. Dalam pendidikan agama islam guru dituntut untuk menguasai berbagai macam pengelolaan kelas dalam pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi peserta didik. Salah satu metode pengelolaan kelas dalam pembelajaran yang digunakan disini adalah pendekatan sosio emosional. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan pengelolaan kelas berbasis pendekatan sosio emosional dengan efektivitas pembelajaran di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 3 Jember. Prosedur penelitian yang dipakai adalah menggunakan prosedur penelitian Arikunto (2014:61), analisis hasil penelitian yang dipakai adalah menggunakan program IBM SPSS Statistics 22 dengan rumus korelasi koefisien. Dengan menggunakan instrumen pengumpulan data metode angket atau kuesioner dengan jumlah butir pertanyaan masing-masing variabel 10 butir pertanyaan, yang telah diuji hasil validitas dan reliabilitasnya. Tujuan penelitian ini akan mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai penulis yaitu, untuk mengetahui hubungan antara pendekatan sosio-emosional dalam pengelolaan kelas dengan efektivitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai probabilitas 0,05 lebih besar dari nilai probabilitas Sig atau (0.05 ≥ Sig), maka Hο ditolak dan Hα diterima artinya signifikan. Pada hasil Correlation diperoleh variabel pemilihan pendekatan sosio emosional mempunyai nilai Sig sebesar 0,00. Dibandingkan dengan probabilitas sebesar 0.05, ternyata nilai probabilitas lebih besar dari Sig (0.05 > 0.00), maka berdasarkan data tersebut Hο ditolak dan Hα diterima, artinya signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan sosio emosional mempunyai nilai yang signifikan terhadap efektivitas pembelaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendektan sosio emosional memiliki hunbungan yang signifikan dengan efektivitas pembelajaran. Maka dari itu disarankan kepada lembaga sekolah maupun guru pengajar untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memilih mengelola kelasnya, guna meningkatkan kualitas dan efektivitas baik di dalam pembelajaran maupun pendidikan pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Perpustakaan UM Jember
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:59
Last Modified: 07 Jun 2021 06:59
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item