Pola Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an



Khaulida, Yukhlita (2021) Pola Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Kemampuan Menghafal Al-Qur'an. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of Pendahuluan.pdf] Text
Pendahuluan.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI.pdf] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran.pdf] Text
Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel Skripsi.pdf] Text
Artikel Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini diantaranya adalah karena berpikir reflektif merupakan kesadaran tentang apa yang diketahui dan apa yang dibutuhkan, hal ini sangat penting untuk menjembatani siswa dalam belajar. Salah satu komponen berpikir reflektif yaitu recall, yakni mendeskripsikan apa yang dialami, menafsirkan situasi berdasarkan ingatan atau pengalaman. Kompenen tersebut sama dengan proses menghafal Al-Qur’an. Salah satu faktor paling penting dalam proses menghafal Al-Qur’an adalah muroja’ah hafalan yang disebut juga pengingatan kembali (recalling). Sehingga adanya hubungan antara berpikir reflektif dengan menghafal Al-Qur’an.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan kemampuan menghafal Al-Qur’an.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap pada tanggal 21-23 April 2021 di SMP Adh Dhuha Jember. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes tulis, tes lisan dan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, kedua subjek memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an kategori yang ditinjau dari aspek kelancaran muroja’ah. Kemudian subjek 1 dan 2 dapat malalui tiga indikator yang terdiri dari reacting, elaborating dan contemplating. Sehingga subjek 1 dan 2 berada pada T3 yaitu subjek berada pada kategori reflektif .
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an kategori tinggi dapat menyelesaikan masalah matematika pada materi Teorema Phytagoras dengan melalui indikator reacting, elaborating, dan contemplating.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Imamah Ah, Nurul
nidn0712048506
Dosen Pembimbing
Wulandari, Dr. Christine
nidn0717028302

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Masalah Matematika, Kemampuan Menghafal Al-Qur'an
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 515 Analysis
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Yukhlita Khaulida | yukhlita19@gmail.com
Date Deposited: 21 Jul 2021 01:20
Last Modified: 21 Jul 2021 01:22
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11127

Actions (login required)

View Item View Item