Tri Widiyani, Dita (2021) Indikator Pembelajaran Efektif dalam Pembelajaran Daring (dalam Jaringan) pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (521kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (540kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (783kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (323kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text
ARTIKEL DITA.pdf Download (890kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis apa saja indikator pembelajaran efektif dalam pembelajaran daring pada masa pandemiccovid-19 di SMAN 2 Bondowoso. Pembelajaran daring memiliki indikator kefektifan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajarannya.Adapun indikator yang harus ada dalam pembelajaran daring yakni indikator pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran, proses belajar mengajar komunikatif, respon peserta didik, aktivitas belajar, dan hasil belajar. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini adalah guru dan siswa.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan teknik rekam. Analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Teknik pengujian keabsahan data perpanjangan pengamatan. Hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu dimana pembelajaran daring dapat dikatakan efektif apabila sesuai dengan indikator keberhasilan dalam pembelajaran seperti pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran sesuai RPP daring, interaksi yang komunikatif, respon aktif peserta didik dengan penyampaian materi yang menarik, motivasi guru yang inovasi, serta pencapaian pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan secara daring hanyalah model pembelajarannya saja namun, dari sistem pembelajarannya tetap sama dengan pembelajaran yang dilakukan dengan tatap muka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indikator Pembelajaran Efektif, Pembelajaran Daring | |||||||||
Subjects: | 400 Language > 407 Education, Research & Related Topics | |||||||||
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Dita Tri Widiyani | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | ditatriwidiyani10@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 26 Jul 2021 03:19 | |||||||||
Last Modified: | 26 Jul 2021 03:34 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11232 |
Actions (login required)
View Item |