Perbedaan Penerimaan Peran dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Antara Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja

Laila Qodrina, Holidiyah (2021) Perbedaan Penerimaan Peran dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Antara Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (969kB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (951kB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)
[img] Text
i. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
j. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penerimaan orangtua merupakan tingkah laku pengasuhan dari orangtua yang penuh kehangatan dan kasih sayang, sedangkan penolakan orangtua digambarkan dalam tingkah laku dan emosi yang berdampak kepada keadaan yang menyakiti anak baik secara fisik maupun psikologis. Semua orangtua dengan latar belakang apapun dituntut untuk memberikan pengasuhan penerimaan kepada anaknya, terlebih di saat kondisi pandemi saat ini yang membuat kegiatan belajar dan mengajar dipindahkan menjadi di rumah sehingga orangtua dituntut untuk mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peran ibu bekerja dan ibu tidak bekerja dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 di SD Muhammdiyah 1 Jember. Sampel pada penelitian ini berjumlah 222 yang diperoleh melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel terbagi menjadi menjadi 2 kelompok, yaitu ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (ibu rumah tangga). Alat ukur yang digunakan adalah skala Parent Parental Acceptance-Rejection Questionnaire dengan jumlah 24 aitem, yang disusun oleh Ronald P. Rohner (2004) dan telah dimodifikasi sesuai kondisi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peran dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 antara ibu bekerja dan tidak bekerja (t=4,818 , p<0,05). Kelompok ibu yang tidak bekerja memiliki penerimaan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok ibu yang bekerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan orangtua, ibu bekerja, ibu tidak bekerja
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Holidiyah Laila Qodrina
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDErvina, Iinnidn0024107501
UNSPECIFIEDNurwindasari, RatnaUNSPECIFIED
Contact Email Address: holidiyahlailaa@gmail.com
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:20
Last Modified: 29 Jul 2021 07:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11408

Actions (login required)

View Item View Item