Laila Qodrina, Holidiyah (2021) Perbedaan Penerimaan Peran dalam Mendampingi Anak Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 Antara Ibu Bekerja Dan Tidak Bekerja. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (342kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (969kB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (951kB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
h. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) |
|
Text
i. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
j. NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penerimaan orangtua merupakan tingkah laku pengasuhan dari orangtua yang penuh kehangatan dan kasih sayang, sedangkan penolakan orangtua digambarkan dalam tingkah laku dan emosi yang berdampak kepada keadaan yang menyakiti anak baik secara fisik maupun psikologis. Semua orangtua dengan latar belakang apapun dituntut untuk memberikan pengasuhan penerimaan kepada anaknya, terlebih di saat kondisi pandemi saat ini yang membuat kegiatan belajar dan mengajar dipindahkan menjadi di rumah sehingga orangtua dituntut untuk mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peran ibu bekerja dan ibu tidak bekerja dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 di SD Muhammdiyah 1 Jember. Sampel pada penelitian ini berjumlah 222 yang diperoleh melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel terbagi menjadi menjadi 2 kelompok, yaitu ibu bekerja dan ibu tidak bekerja (ibu rumah tangga). Alat ukur yang digunakan adalah skala Parent Parental Acceptance-Rejection Questionnaire dengan jumlah 24 aitem, yang disusun oleh Ronald P. Rohner (2004) dan telah dimodifikasi sesuai kondisi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peran dalam mendampingi anak belajar dari rumah selama masa pandemi Covid-19 antara ibu bekerja dan tidak bekerja (t=4,818 , p<0,05). Kelompok ibu yang tidak bekerja memiliki penerimaan lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok ibu yang bekerja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan orangtua, ibu bekerja, ibu tidak bekerja | |||||||||
Subjects: | 100 Philosophy > 150 Psychology | |||||||||
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1) | |||||||||
Department: | S1 Psikologi | |||||||||
Depositing User: | Holidiyah Laila Qodrina | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | holidiyahlailaa@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2021 07:20 | |||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2021 07:20 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11408 |
Actions (login required)
View Item |