Proses Berpikir Siswa SMP Kelas VIII Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa Pada Permasalahan Matematika

Hasanah, Siti Ulfatun (2021) Proses Berpikir Siswa SMP Kelas VIII Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Sikap Siswa Pada Permasalahan Matematika. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (655kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (285kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa SMP kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan matematika. Kemampuan proses berpikir pada setiap siswa berbeda-beda dalam memecahkan masalah matematika. Setiap siswa menggunakan beraneka ragam cara atau langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan yang berbeda antara siswa satu dengan siswa lainnya. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah faktor sikap siswa terhadap permasalahan matematika. Sikap siswa terhadap permasalahan matematika bisa tinggi, sedang, maupun rendah. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses berpikir siswa smp kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan sikap siswa pada permasalahan matematika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pelaksanaan penelitian 2 Juli hingga 5 Juli 2021 di kelas VIII MTs Bahjatul Ulum Sukowono. Peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data diantaranya, yaitu kuesioner, soal tes, pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa rata-rata siswa kelas VIII di MTs Bahjatul Ulum Sukowono memiliki sikap matematika yang sedang. Siswa dengan kategori memiliki sikap matematika tinggi cenderung mampu menyelesaikan masalah dengan konsep yang sudah dipelajari, siswa yang memiliki sikap matematika sedang cenderung kurang mampu menggunakan konsep yang telah dipelajari dalam menyelesaikan masalah, dan siswa yang memiliki sikap matematika rendah cenderung tidak mampu dalam menyelesaikan masalah menggunakan konsep yang telah dipelajari. Simpulan penelitian ini adalah siswa yang memiliki sikap matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah dan memiliki proses berpikir konseptual, siswa yang memiliki sikap matematika sedang kurang mampu menyelesaikan masalah dan memiliki proses berpikir semikonseptual, dan siswa yang memiliki sikap matematika rendah tidak mampu menyelesaikan masalah dan memiliki proses berpikir komputasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Proses berpikir, pemecahan masalah, masalah matematika, sikap matematika
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Siti Ulfatun Hasanah
Date Deposited: 30 Jul 2021 01:45
Last Modified: 30 Jul 2021 07:26
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11432

Actions (login required)

View Item View Item