Meningkatkan Pemahaman Materi Thaharah Dengan Implementasi Model Kooperatif Group Investigation Di Pondok Pesantren Insat Muhammadiyah Banyuwangi

Subekti, Nabil Adi (2021) Meningkatkan Pemahaman Materi Thaharah Dengan Implementasi Model Kooperatif Group Investigation Di Pondok Pesantren Insat Muhammadiyah Banyuwangi. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (940kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
Artikel.pdf

Download (500kB)

Abstract

kooperatif (Cooperative Learning) merupakan salah satu bentuk model pembelajaran sosial yang didasarkan pada teori belajar konstruktivisme. Pembelajaran Kooperatif dapat dijadikan salah satu model pembelajaran karena mempunyai banyak bentuk dan definisi. Kebanyakan pendekatan kooperatif melibatkan kelompok kecil biasanya terdiri atas empat atau lima anggota, bekerjasama tentang tugas kelompok. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran koopertif dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga, pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam materi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model kooperatif group investigation dapat meningkatkan pemahaman materi thaharah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sasaran dari penelitian adalah siswa kelas IX Pondok Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. Data penelitian ini diambil menggunakan hasil tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil perhitungan dari hipotesis penelitian sebesar 90% dengan nilai KKM cukup. Maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman materi thaharah pada santri kelas IX Pondok Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian di kelas IX Pondok Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi dengan jumlah responden 11 santri dapat diketahui bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa adanya peningkatan hasil belajar santri pada model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan pemahaman materi thaharah (terbukti) dengan hasil perhitungan skor standar kopetensi yakni dengan skor 75 Melihat hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa adanya peningkatan pemahaman santri terhadap materi thaharah setelah menggunakan media pembelajaran kooperatif, dengan kenggunaan model yang tepat, mampu meningkatkan pemahaman siswa dan tujuan pembelajaran akan tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Model Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subekti Nabil Adi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorNursyamsiyah, Sitinidn0706027901
Thesis advisorRhain, Ainurnidn0703078403
Contact Email Address: nabil.adi.567@gmail.com
Date Deposited: 14 Aug 2021 02:40
Last Modified: 14 Aug 2021 02:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11712

Actions (login required)

View Item View Item