Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Observasi Pada Pengembangan Daring Siswa Kelas VIII SMP



Husna, Auliatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Observasi Pada Pengembangan Daring Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN-1.pdf] Text
A. PENDAHULUAN-1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of K. ARTIKEL.pdf] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna. Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana menciptakan produk berupa media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Al Amien Ambulu Jember. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk proses dan wujud pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi untuk kelas VIII SMP Al Amien Ambulu, Jember pada pembelajaran daring.
Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah dengan tahap penilaian kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti memerlukan angket validasi oleh ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Serta menggunakan analisis kuantitatif berupa uji validasi pengembangan media pembelajaran dan respon siswa terhadap media pembelajaran.
Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahwa media pembelajaran berupa padlet dengan penilaian menurut ahli materi memilki presentase sebesar 77,78% dan ahli media dengan presentase 93% serta penilaian dari siswa sebesar 87,5%. Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan, maka media pembelajaran padlet termasuk dalam kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa dalam materi menulis teks observasi secara daring. Hal tersebut juga dinilai berdasarkan dari materi yang diberikan serta desain yang menarik pada tampilan padlet.
Berdasarkan hasil tersebut, maka simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran interaktif berupa padlet dapat dikatakan layak dan valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Al Amien Ambulu, Jember.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Milu Susetyo, Agus
NIDN0718088602
Dosen Pembimbing
Fitri, Amilia
NIDN0725068501

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Padlet, Teks Observasi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Auliatul Husna | auliahusna700@gmail.com
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:35
Last Modified: 31 Jan 2022 03:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item