Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Observasi Pada Pengembangan Daring Siswa Kelas VIII SMP

Husna, Auliatul (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Observasi Pada Pengembangan Daring Siswa Kelas VIII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungsi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna. Media pembelajaran interaktif adalah suatu sistem penyampaian pengajaran yang menyajikan materi video rekaman dengan pengendalian komputer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar dan melihat video dan suara, tetapi juga memberikan respon aktif, dan respon itu yang menentukan kecepatan dan sekuensi penyajian. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah bagaimana menciptakan produk berupa media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Al Amien Ambulu Jember. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk proses dan wujud pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi untuk kelas VIII SMP Al Amien Ambulu, Jember pada pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah dengan tahap penilaian kebutuhan, desain serta pengembangan dan implementasi. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti memerlukan angket validasi oleh ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif berupa pengumpulan data, reduksi data dan penyajian data. Serta menggunakan analisis kuantitatif berupa uji validasi pengembangan media pembelajaran dan respon siswa terhadap media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah bahwa media pembelajaran berupa padlet dengan penilaian menurut ahli materi memilki presentase sebesar 77,78% dan ahli media dengan presentase 93% serta penilaian dari siswa sebesar 87,5%. Berdasarkan kriteria tingkat kelayakan, maka media pembelajaran padlet termasuk dalam kualifikasi valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa dalam materi menulis teks observasi secara daring. Hal tersebut juga dinilai berdasarkan dari materi yang diberikan serta desain yang menarik pada tampilan padlet. Berdasarkan hasil tersebut, maka simpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran interaktif berupa padlet dapat dikatakan layak dan valid digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks observasi pada pembelajaran daring siswa kelas VIII SMP Al Amien Ambulu, Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Padlet, Teks Observasi
Subjects: 800 Literature and Rhetoric > 810 Indonesian Literatures
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Auliatul Husna
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:35
Last Modified: 31 Jan 2022 03:35
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item