Ningtyas, Yoga Dwi Windy Kusuma (2017) (Peer review + Similarity) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Realistic Mathematics Education pada Mata Kuliah Metode Statistika. FKIP Universitas Muhammadiyah Jember, Jember.
Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA MATA KULIAH METODE STATISTIKA.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. Peer Review 1 dan 2_Pengembangan Bahan Ajar.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses perancangan dan pengembangan bahan ajar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education pada matakuliah Metode Statistika, dan (2) menghasilkan bahan ajar metode Statistika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengimplementasikan tahapan model pengembangan analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Subyek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan penilaian para validator terhadap aspek format , bahasa, dan isi RPS yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai 4,3 dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Sedangkan hasil analisis respons mahasiswa menunjukkan sebagian besar mahasiswa memberikan respons positif terhadap setiap aspek yang direspons dan rata-rata persentase mahasiswa yang memberikan respons positif adalah 79,54%. Hal ini mengidentifikasikan bahwa respons mahasiswa tehadap perangkat dan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan RME termasuk positif.
Item Type: | Peer Review |
---|---|
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities 300 Social Science > 370 Education > 378 Higher Education, Universities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Yoga Dwi Windy Kusuma Ningtyas |
Contact Email Address: | kusumaningtyas.dwi@unmuhjember.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2022 07:39 |
Last Modified: | 09 Mar 2022 07:39 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/12943 |
Actions (login required)
View Item |