HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PESANTREN DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO



Inayatuzzakiyah, Inayatuzzakiyah (2022) HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PESANTREN DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of 1. Pendahuluan.pdf] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. Abstrak.pdf] Text
2. Abstrak.pdf

Download (634kB)
[thumbnail of 3. Bab I.pdf] Text
3. Bab I.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of 4. Bab II.pdf] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[thumbnail of 5. Bab III.pdf] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[thumbnail of 6. Bab IV.pdf] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of 7. Bab V.pdf] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[thumbnail of 8. Bab VI.pdf] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[thumbnail of 9. Bab VII.pdf] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[thumbnail of 10. Daftar Pustaka.pdf] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of 11. Lampiran.pdf] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. Artikel.pdf] Text
12. Artikel.pdf

Download (604kB)

Abstract

Motode pembelajaran pesantren yaitu metode pembelajaran yang diselenggarakan menurut kebiasaan yang telah lama dipergunakan dalam institusi pesantren atau merupakan metode pembelajaran asli pesantren. kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi yaitu menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pembelajaran pesantren dengan kecerdasan emosional remaja di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah remaja di pondok pesantren Bustanul Ulum kabupaten Bondowoso sebanyak 50 responden yang di ambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisa bivariate berdasrkan uji statistik Spearman Rho (p – value 0,01) dengan nilai koefisien korelasi 0,445 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode pembelajaran pesantren dengan kecerdasan emosional remaja di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Zaini, Mad
nidn0714078705
UNSPECIFIED
Suryaningsih, Yeni
nidn0701037905

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Inayatuzzakiyah Inayatuzzakiyah | inayatuzzakiyah112@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:48
Last Modified: 23 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item