HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PESANTREN DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO

Inayatuzzakiyah, Inayatuzzakiyah (2022) HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN PESANTREN DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI PONDOK PESANTREN BUSTANUL ULUM KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (634kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB)
[img] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (732kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. Artikel.pdf

Download (604kB)

Abstract

Motode pembelajaran pesantren yaitu metode pembelajaran yang diselenggarakan menurut kebiasaan yang telah lama dipergunakan dalam institusi pesantren atau merupakan metode pembelajaran asli pesantren. kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang mengatur kehidupan emosinya dengan inteligensi yaitu menjaga keselarasan emosi dan pengungkapannya melalui keterampilan kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pembelajaran pesantren dengan kecerdasan emosional remaja di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah remaja di pondok pesantren Bustanul Ulum kabupaten Bondowoso sebanyak 50 responden yang di ambil secara total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil analisa bivariate berdasrkan uji statistik Spearman Rho (p – value 0,01) dengan nilai koefisien korelasi 0,445 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode pembelajaran pesantren dengan kecerdasan emosional remaja di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Kabupaten Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 610 Medicine and Health > 614 Public Preventive Medicine
Divisions: Faculty of Health > Department of Nursing Science (S1)
Depositing User: Inayatuzzakiyah Inayatuzzakiyah
Date Deposited: 23 Jul 2022 01:48
Last Modified: 23 Jul 2022 01:48
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14161

Actions (login required)

View Item View Item