Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 3 Jembrana

Dian Azizatul Fitri, Fitri (2022) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 3 Jembrana. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A.PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (845kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (661kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL .pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah di dunia pendidikan yaitu proses pembelajaran yang lemah yang masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional khususnya pada mata pelajaran fiqih menyebabkan kurang aktifnya siswa di kelas dan kurang memahami secara mendalam materi fiqih yang banyak berkaitan dengan problematika di dalam kehidupan. Oleh karena itu penggunaan problem based learning perlu di terapkan pada mata pelajaran fiqih karena model pembelajaran ini menjadikan permasalahan nyata sebagai konteks peserta didik untuk belajar, berpikir kritis dan memperoleh pengetahuan mendalam serta menciptakan sikap aktif siswa di kelas. fokus penelitian ini yaitu bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Fiqih di MTsN 3 Jembrana dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Mata Pelajaran Fiqih. Adapun penelitian yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknikn pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil dari penelitian ini bahwa dalam proses pembelajaran fiqih dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) melewati 3 penerapan seperti perancanaan, pelaksanaan dan evaluasi/penutup dengan lima tahapan yaitu orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, membimbing penyelidikan individu atau kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan menganalisis dan mengevaluasi pemecahan masalah. Penggunaan Model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran fiqih efektif digunakan dapat dilihat dari sikap aktif siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran fiqih telah diterapkan di MTsN 3 Jembrana pada siswa kelas IX dengan melewati berbagai penerapan dan tahapan-tahapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Dian Azizatul Fitri
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:51
Last Modified: 26 Jul 2022 03:51
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14274

Actions (login required)

View Item View Item