Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono



Pandanarang, Izzulhaq (2002) Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (997kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of K. ARTIKEL .pdf] Text
K. ARTIKEL .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan langkah awal bagi manusia untuk menemukan jawaban
dari setiap pengetahuan yang dipelajari serta menjadikan manusia dalam mengembangkan
potensi pola pikirnya guna tercipta pemikiran yang memiliki wawasan luas. Strategi
menjadi penentu dalam mengkonsep setiap alur kegiatan belajar seperti metode
pembelajaran. Adapun hafalan merupakan metode belajar yang digunakan oleh guru yang
bertujuan untuk melatih daya ingat siswa dengan melafalkan atau membaca tanpa melihat
kemudian mengingat bacaan yang telah dibaca. Pada mata pelajaran pendidikan agama
islam dimana di dalamnya memuat berbagai materi seperti akidah akhlaq, tarikh, fiqih
dan al-qur’an hadits. Berfokus pada materi al-qur’an hadits pada kegiatan hafalan
menerapkan tiga metode belajar yakni metode kaisa, wahdah dan talaqqi. Implementasi
ketiga metode dalam hafalan dapat mempengaruhi perkembangan belajar siswa dari segi
nilai prestasi belajar dalam penguasaan bacaan sesuai makhraj serta hukum tajwidnya dan
banyaknya hafalan ayat dimana ketiga prestasi tersebut saling berkaitan satu sama lain
guna menyempurnakan pembelajaran al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam terkait materi al-qur’an hadits. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 176 siswa sebagai
responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian
menunjukkan pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa dengan
menggunakan uji regresi linier berganda untuk mendapatkan hasil data dimana dari segi
nilai parsial atau masing masing variabel, pengaruh metode kaisa terhadap prestasi belajar
siswa bernilai 0,384 atau 38,4%, pengaruh metode wahdah terhadap prestasi belajar siswa
bernilai 0,288 atau 28,8% dan pengaruh metode talaqqi terhadap prestasi belajar siswa
bernilai 0,120 atau 12,0%. Adapun secara simultan pengaruh metode hafalan terhadap
prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Mambaul
Ulum Sukowono dengan nilai R sebesar 0,387 atau 38,7%. Kesimpulannya, metode
hafalan memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara simultan dengan
dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
Dosen Pembimbing
Setiawan, Bahar Agus
NIDN0717087802
Dosen Pembimbing
Putra, Dhian Wahana
NIDN0729108601

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Izzulhaq Pandanarang | izulzul71@gmail.com
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:58
Last Modified: 26 Jul 2022 03:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item