Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono

Pandanarang, Izzulhaq (2002) Pengaruh Metode Hafalan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (997kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (978kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (696kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
K. ARTIKEL .pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan langkah awal bagi manusia untuk menemukan jawaban dari setiap pengetahuan yang dipelajari serta menjadikan manusia dalam mengembangkan potensi pola pikirnya guna tercipta pemikiran yang memiliki wawasan luas. Strategi menjadi penentu dalam mengkonsep setiap alur kegiatan belajar seperti metode pembelajaran. Adapun hafalan merupakan metode belajar yang digunakan oleh guru yang bertujuan untuk melatih daya ingat siswa dengan melafalkan atau membaca tanpa melihat kemudian mengingat bacaan yang telah dibaca. Pada mata pelajaran pendidikan agama islam dimana di dalamnya memuat berbagai materi seperti akidah akhlaq, tarikh, fiqih dan al-qur’an hadits. Berfokus pada materi al-qur’an hadits pada kegiatan hafalan menerapkan tiga metode belajar yakni metode kaisa, wahdah dan talaqqi. Implementasi ketiga metode dalam hafalan dapat mempengaruhi perkembangan belajar siswa dari segi nilai prestasi belajar dalam penguasaan bacaan sesuai makhraj serta hukum tajwidnya dan banyaknya hafalan ayat dimana ketiga prestasi tersebut saling berkaitan satu sama lain guna menyempurnakan pembelajaran al-qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terkait materi al-qur’an hadits. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 176 siswa sebagai responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa dengan menggunakan uji regresi linier berganda untuk mendapatkan hasil data dimana dari segi nilai parsial atau masing masing variabel, pengaruh metode kaisa terhadap prestasi belajar siswa bernilai 0,384 atau 38,4%, pengaruh metode wahdah terhadap prestasi belajar siswa bernilai 0,288 atau 28,8% dan pengaruh metode talaqqi terhadap prestasi belajar siswa bernilai 0,120 atau 12,0%. Adapun secara simultan pengaruh metode hafalan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono dengan nilai R sebesar 0,387 atau 38,7%. Kesimpulannya, metode hafalan memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara simultan dengan dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 200 Religious > 201 Religious Mythology
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Izzulhaq Pandanarang
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:58
Last Modified: 26 Jul 2022 03:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14278

Actions (login required)

View Item View Item