Pengembangan e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Perbandingan di SMP Raudhlatut Tholabah

Ajeng Dwi Ana Putri, Putri (2022) Pengembangan e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Perbandingan di SMP Raudhlatut Tholabah. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (932kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (589kB)
[img] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pengembangan e-Modul merupakan salah satu usaha pendidik dalam membantu siswa untuk memudahkan belajar matematika secara mandiri. Masalah pada penelitian ini ialah: (1) Bagaimana prosedur pengembangan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan dan (2) Bagaimanakah kualitas e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan ditinjau dari segi kevalidan dan kepraktisan. Tujuan pada penelitian ini ialah untuk mengembangkan e-Modul pembelajaran matematika berbasis nilai-nilai keislaman pada materi perbandingan serta mendeskripsikan kualitas e-Modul yang dikembangkan ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri atas 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Desimminate. Jenis data yang digunakan ialah kualitatif, dan menggunakan angket respon siswa, angket validasi serta lembar wawancara sebagai instrumen penelitian. Uji validasi dari penelitian dan pengembangan e-Modul ini dilakukan oleh 3 ahli diantaranya 2 dosen pendidikan matematika dan 1 guru mata pelajaran matematika SMP Raudhlatut Tholabah. Sedangkan uji lapangan dilakukan pada tanggal 6 April 2022 yang dilaksanakan di SMP Raudhlatut Tholabah dengan jumlah responden sebanyak 30 siswa. Pada penelitian dan pengembangan ini telah dihasilkan produk bahan ajar berupa e-Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Keislaman. Dari kegiatan uji validasi dan uji lapangan didapatkan data berdasarkan angket validasi dan angket respon siswa yaitu kualitas e-Modul yang ditinjau dari kevalidan dan kepraktisan. Kualitas yang dinilai dari kevalidan sebesar 3,92 yang menunjukkan bahwa e-Modul dinyatakan valid, serta ditinjau dari kepraktisan sebesar 4,50 yang menujukkan bahwa e-Modul sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-Modul, Matematika, Nilai-Nilai Keislaman
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith > 297.2 Islamic Doctrinal Theology > 297.265 Islam and Natural Sciences, mathematic
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Ajeng Dwi Ana Putri
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorImamah, NurulNIDN0712048506
Thesis advisorWahid, RohmadNIDN0729048701
Contact Email Address: ajengdwianaputriputri@gmail.com
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:14
Last Modified: 27 Jul 2022 03:14
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item