Analisis Kemampuan Numerasi dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Kusumawardhani, Rizky Ayu (2022) Analisis Kemampuan Numerasi dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (604kB)
[img] Text
J. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam materi geometri dan pengukuran ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data berupa tes MFFT, tes numerasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa reflektif adalah (1) siswa tinggi sudah menuliskan semua indikator numerasi dengan baik dan benar, (2) siswa sedang sudah menuliskan indikator numerasi dengan baik dan benar, dikarenakan siswa tidak memaparkan konsep penyelesaian matematikanya dengan baik sehingga hasil yang dikerjakan kurang tepat, (3) siswa rendah tidak dapat menuliskan semua indikator numerasi, penyelesaian yang dipaparkan siswa salah sehingga hasilnya kurang tepat. Hasil kemampuan numerasi siswa impulsif adalah (1) siswa tinggi sudah menuliskan semua indikator numerasi dengan baik dan benar, walaupun ada 1 penyelesaian yang kurang tepat, (2) siswa sedang sudah menuliskan indikator numerasi dengan baik dan benar, serta hasil yang dipaparkan siswa benar dan ada juga yang salah, (3) siswa rendah tidak dapat menuliskan semua indikator numerasi, penyelesaian yang dipaparkan siswa salah sehingga hasilnya kurang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Numerasi, reflektif, impulsif, geometri dan pengukuran
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Mathematics Education (S1)
Depositing User: Rizky Ayu Kusumawardhani
Date Deposited: 27 Jul 2022 04:15
Last Modified: 27 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item