Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Lokal di Pasar Wilayah Kota Kabupaten Jember

Irmawan, Aris (2022) Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Buah Lokal di Pasar Wilayah Kota Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (895kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (290kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (806kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (345kB)

Abstract

Keputusan pembelian konsumen merupakan sebuah tindakan yang dilakukan konsumen untuk membeli suatu produk. Setiap produsen pasti menjalankan berbagai strategi agar konsumen memutuskan untuk membeli produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen, proses pengambilan keputusan konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian buah-buahan lokal di pasar wilayah Kota Kabupaten Jember. Data diperoleh dari 50 responden dengan metode analisis deskriptif dan analisis multialtribut fishbein. Hasil analisis menunjukkan bahwa keputusan konsumen dalam membeli buah-buahan lokal di pasar wilayah Kota Kabupaten Jember adalah sebagai berikut: (1) Karakteristik konsumen yang membeli buah-buahan lokal di pasar wilayah kota Kabupaten Jember adalah mayoritas berjenis kelamin perempuan, berdasarkan usia yakni pada pasar tradisional usia 25-34 tahun dan pasar modern usia 15-34 tahun, Berdasarkan jumlah anggota keluarga memiliki 3 anggota keluarga, berdasarkan Pendidikan terakhir yakni pasar tradisional (D3-S1), pasar modern (SMA), Berdasarkan pendapatan pada pasar tradisional (Rp. 2.000.000-Rp. 3.000.000), pasar modern (<Rp. 500.000). (2) Proses pengambilan keputusan pebelian buah-buahan lokal pada pasar di wilayah kota Kabupaten Jember ada beberapa tahap, yaitu 1) Pengenalan kebutuhan : a. Bermotivasi aman bagi kesehatan. b. Manfaat yang diharapkan pada pasar tradisional untuk mewujutkan gaya hidup sehat sedangkan pada pasar modern sebagai pemenuhan gizi. 2) Pencarian informasi mayoritas dari informasi keluarga. 3) Evaluasi alternatif, konsumen mempertimbangkan manfaat setelah mengkonsumsi buah-buahan lokal. 4) Keputusan pembelian mayoritas menjawab terencana dalam membeli buah-buahan lokal. 5) Sikap pasca pembelian, konsumen pada pasar tradisional (puas) dan pada pasar modern (sangat puas). (3) Berdasarkan analisis multi atribut Fishbein terhadap buah-buahan lokal, maka dalam membeli buah-buahan lokal konsumen akan melihat atribut buah-buahan seperti, harga, kesegaran, kecerahan warna, kebersihan buah, dan ketersediaan. Dari data Ao total didapat bahwa konsumen pada pasar wilayah kota Kabupaten Jember mendapat interpretasi puas dengan nilai 89,86 pada pasar tradisional dan 95,41 pada pasar modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis fishbein, keputusan pembelian, pasar, sikap konsumen
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming > 634 Orchard, Fruits
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Aris Irmawan
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:57
Last Modified: 28 Jul 2022 06:57
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14431

Actions (login required)

View Item View Item