STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA/MA SWASTA DI KOTA JEMBER

Amelia, Delilah Cika (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA/MA SWASTA DI KOTA JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (495kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
7.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
8.BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (248kB)
[img] Text
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan proses pembelajaran dari tatap muka menjadi daring atau jarak jauh mempengaruhi dampak besar pada pembelajaran terutama pada strategi pembelajaran guru. tentunya hal ini seharusnya bukan menjadi alasan guru untuk tidak memfasilitasi strategi guru dalam pembelajaran daring, salah satu sistem pembelajaran daring guru dituntut memakai macam-macam media dan bentuk evaluasi pembelajaran yang berbasis Online serta memastikan aktivitas belajar mengajar tetap berjalan walaupun di masa Pandemi Covid-19, Penelitian ini belum pernah dilakukan mengenai strategi pembelajaran pada media dan bentuk evaluasi di SMA/MA Swasta di Kota Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk media dan evaluasi pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Informan yang digunakan terdiri dari keterbatasan Guru Biologi di 5 sekolah SMA/MA Swasta di Kota jember yang ditentukan dengan menggunakan RPP, LKPD, Bahan Ajar dan Penilaian. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Pengujian keabsahan data melalui Triangulasi yang terdiri dari Triangulasi Data, Triangulasi metode dan Uji Transferability. Berdasarkan hasil penelitian terhadap guru pada Pembelajaran Biologi kelas XII dari 5 sekolah swasta di Kota Jember antara lain SMA Muhammadiyah 3, SMA Al-Furqon, SMAU BPPT Darusholah, MA Al-Qodiri dan MA Darusholah, menunjukan bahwa 80% menggunakan media Zoom Meeting, 20% menggunakan Video Yotube, Power Point dan Google Slide 20%. Sementara media WhatsApp Group memiliki presentase 100% atau digunakan oleh seluruh guru di 5 SMA swasta yang diteliti. Bentuk evaluasi yang digunakan oleh guru pada pembelajaran Biologi kelas XII dari 5 sekolah menunjukan 20% menggunakan evaluasi Google Form dan seluruh guru memberikan tugas, ulangan harian dalam bentuk uraian dan pilihan ganda untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pembelajaran Biologi, Pandemi Covid-19, SMA/MA Swasta di Kota Jember
Subjects: 300 Social Science > 370 Education
300 Social Science > 370 Education > 374 Adult Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Biology Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Delilah Cika Amelia
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
Thesis advisorKomarayanti, Sawitrinidn0719056302
Thesis advisorPrafitasari, Aulya Nandanidn0711039105
Contact Email Address: dcikaamelia@gmail.com
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:17
Last Modified: 28 Jul 2022 06:17
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14435

Actions (login required)

View Item View Item