Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Mitra Jember Tahun Pelajaran 2015/2016

Agusta, Eka Adam (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture And Picture pada Siswa Kelas VIII SMP Swasta Mitra Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (237kB)
[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
1.MATRIK PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
2.Daftar Nilai Studi Pendahuluan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
3.SILABUS PEMBELAJARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Pembelajaran menulis teks berita di kelas VIII SMP Swasta MITRA Jember sebelum penelitian ditemukan bahwa persentase pencapaian KKM secara klasikal hanya sebesar 39,39%. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan siswa tidak mampu mengembangkan unsur 5W+1H dalam berita serta kronologis berita secara baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses dan hasil pembelajaran menulis teks berita setelah penerapan strategi pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas VIII SMP Swasta MITRA Jember tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan nontes. Intrumen tes berupa tes esai atau uraian, sedangkan instrumen nontes berupa lembar observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture pada siklus I mendapatkan persentase kesuksesan klasikal sebesar 57,57% dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 78,78%. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks berita menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas VIII SMP Swasta MITRA Jember tahun pelajaran 2015/2016 dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, kemampuan, menulis berita, Picture and Picture.
Subjects: 400 Language > 421 Writing System
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of Indonesian Literature Education (S1)
Depositing User: Hendri Uut Fahrullah
Date Deposited: 12 Mar 2019 06:41
Last Modified: 07 Nov 2019 02:20
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/1446

Actions (login required)

View Item View Item