Pengaruh Sekolah Gratis Pada Lembaga Pendidikan Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono Jember)

Pangistu, Achmad Fahmi Aziz Dian (2022) Pengaruh Sekolah Gratis Pada Lembaga Pendidikan Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (711kB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (840kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (558kB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pangistu, Achmad Fahmi Aziz Dian 2022. Pengaruh Sekolah Gratis Pada Lembaga Pendidikan Islam Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus Di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono). Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam.Fakultas Agama Islam.Universitas Muhammadiyah Jember. Dosen Pembimbing : (I) Dr. Bahar Agus Setiawan, MM.Pd (II) Hairul Huda M.Pd.I Kata Kunci : Sekolah Gratis, Motivasi Belajar Pendidikan merupakan hal yang sudah seharusnya bisa dirasakan oleh seluruh elemen masyrakat, karena hal itu sesuai dengan UUD.No. 1-4 tahun 1945 pasal 31. Untuk mewujudkannya, pemerintah pusat membuat beberapa program yang diantaranya adalah program sekolah gratis. Namun disisi lain,setiap sekolah memiliki karekterisktik dan tantangan siswa yang berbede-beda, Contoh yang paling kongkrit terdapat di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono yang terletak di daerah pedesaan dan berada dibawah naugan sebuah yayasan pesantren dimana kebanyakan orang tua memondokkan anaknya ke pesantren karena mereka sudah tidak mampu membimbing anaknya di rumah. Hal tersebut berdampak pada prilaku dan kepribadian seorang anak tersebut yang kurang terkendali, kurang bersemangat untuk bersekolah dan belajar. Sekolah Gratis diharapkan dapat memotivasi siswa di SMP Plus Mambaul Ulum Sukowono untuk terus bersekolah dengan tanpa memikirkan lagi biaya pendidikan yang mahal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sekolah gratis terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII putra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 37 siswa kelas VIII putra sebagai responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan hasil data nilai F hitung = 16,039 dengan tingkat signifikansi sebasar 0,000, dimana nilai ini lebih kecil dari < probabilitas 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable X (sekolah gratis) memiliki pengaruh terhadap variabel Y (motivasi belajar). Adapun secara simultan pengaruh sekolah gratis terhadap motivasi belajar siswa mendapat nilai R sebesar 0,314 atau 31,4%. Kesimpulannya, sekolah gratis memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII putra secara simultan dengan dibuktikan melalui penelitian yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Gratis Terhadap Motivasi
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Fahmi Aziz Dian Pangistu
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSetiawan, Bahar Agusnidn0717087802
UNSPECIFIEDHuda, Hairulnidn0720018902
Contact Email Address: fahmiaziz38329@gmail.com
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:12
Last Modified: 01 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item