Ikawati, Nida' Fajri Anjas (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (SIDIKMU) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 WULUHAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (971kB) |
|
Text
c. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
|
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
k. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran tidak lepas dari beberapa komponen pembelajaran yang mencakup guru, siswa, tujuan, metode, materi, media, dan evaluasi. Evalausi pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus ditempuh oleh pendidik. hal ini dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada era saat ini hendaknya diimbangi dengan teknologi, karena teknologi telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi yang pesat tidak menutup kemungkinan bagi sekolah untuk berinovasi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Salah satu media teknologi yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi atau web mobile, salah satu aplikasi atau web mobile yang dapat digunakan adalah SidikMu (Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah). Fokus dari penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu) di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu) di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Penelitian akan dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan berdasarkan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti pada setiap mtaeri ajar yang dilaksanakan dengan berbasis internet melalui Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu). Bentuk evalausi yang dilaksanakan menggunakan SidikMu adalah Penilaian Tengah Semester dan Penilian Akhir Semester dengan instrumen soal berupa soal pilihan ganda. Kelebihan SidikMu sebagai media evaluasi pembelajaran yaitu lebih efisien, praktis dan tidak pemborosan kertas atau papperless.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Pembelajaran, Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu) | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
|||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | Nida' Fajri Anjas Ikawati | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | nidafai2000@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:50 | |||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2022 02:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14795 |
Actions (login required)
View Item |