EFEKTIVITAS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (SIDIKMU) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 WULUHAN
Ikawati, Nida' Fajri Anjas (2022) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH (SIDIKMU) DI SMA MUHAMMADIYAH 2 WULUHAN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
![]() |
Text
a. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
b. ABSTRAK.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
c. BAB I.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
d. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
e. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
f. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
g. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
h. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (643kB) | Request a copy |
![]() |
Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (543kB) |
![]() |
Text
j. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
k. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Proses pembelajaran tidak lepas dari beberapa komponen pembelajaran
yang mencakup guru, siswa, tujuan, metode, materi, media, dan evaluasi. Evalausi
pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang harus ditempuh
oleh pendidik. hal ini dilakukan untuk menilai hasil belajar peserta didik.
Pelaksanaan evaluasi pembelajaran pada era saat ini hendaknya diimbangi dengan
teknologi, karena teknologi telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan.
Perkembangan teknologi yang pesat tidak menutup kemungkinan bagi sekolah
untuk berinovasi dalam kegiatan evaluasi pembelajaran. Salah satu media teknologi
yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi atau web mobile, salah satu aplikasi atau
web mobile yang dapat digunakan adalah SidikMu (Sistem Informasi Pendidikan
Muhammadiyah).
Fokus dari penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas pelaksanaan
evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Informasi
Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu) di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan
dengan tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan evaluasi
pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Sistem Informasi Pendidikan
Muhammadiyah (SidikMu) di SMA Muhammadiyah 2 Wuluhan. Penelitian akan
dilaksanakan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara terstruktur dan
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini bahwa kegiatan evaluasi pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dilakukan berdasarkan Kompetensi Dasar dan Kompetensi Inti pada
setiap mtaeri ajar yang dilaksanakan dengan berbasis internet melalui Sistem
Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu). Bentuk evalausi yang
dilaksanakan menggunakan SidikMu adalah Penilaian Tengah Semester dan
Penilian Akhir Semester dengan instrumen soal berupa soal pilihan ganda.
Kelebihan SidikMu sebagai media evaluasi pembelajaran yaitu lebih efisien, praktis
dan tidak pemborosan kertas atau papperless.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKDosen PembimbingRofi, SofyanNIDN0705078402Dosen PembimbingHuda, HairulNIDN0720018902
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords/Kata Kunci: | Evaluasi Pembelajaran, Sistem Informasi Pendidikan Muhammadiyah (SidikMu) |
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Depositing User: | Nida' Fajri Anjas Ikawati | nidafai2000@gmail.com |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 06:50 |
Last Modified: | 04 Aug 2022 02:03 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14795 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |