Pengaruh Metode Menghafal Terhadap peningkatan Aspek Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Mambaul Ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2021 / 2022

Bakir, Ahmad (2022) Pengaruh Metode Menghafal Terhadap peningkatan Aspek Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK Mambaul Ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2021 / 2022. Masters thesis, Universitas muhammadiyah Jember.

[img] Text
a. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
b. ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
c. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
d. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
e. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
f. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
g. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
h. BAB VI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
i. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (686kB)
[img] Text
k. ARTIKEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
j. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penerapan metode menghafal di SMK Mambaul Ulum Sukowono hingga saat ini adalah merupakan upaya lembaga ingin terus meningkatkan kemampuan siswa dari aspek kognitif sehingga dengan adanya metode hafalan ini diharapkan ada perkembangan yang sognifikan dalam aspek penilaian siswa. Namun perlu disadarai bersama bahwa kemampuan menghafal masing-masing siswa juga bermacam-macam. Ada yang sanggup menghafal, ada yang kurang untuk menghafal, bahkan mungkin ada juga yang tidak sanggup untuk menghafal (Observasi SMK Mambaul Ulum). Maka dari itu, perlu ditanyakan apakah metode menghafal berpengaruh terhadap peningkatan aspek kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam?. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Metode Menghafal Terhadap Peningkatan Aspek Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMK Mambaul Ulum Sukowono Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penentuan populasi dan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, interview, angket, dan dokumenter. Selanjutnya data dianalisis dengan rumus chi kuadrat X²=∑ (fo-fh)² setelah dkketahui hasil perhitungan Chi Kuadrat yang lebih kecil dari pada empirik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti terkait pengaruh Metode Menghafal terhadap Peningkatan Kognitif siswa pada Pelajaran PAI di SMK Mambaul Ulum Sukowono Jember tahun pelajaran 2021/2022, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa chi kuadrat empiris lebih kecil daripada chi kuadrat kritik 2,25 < 3,841. Pada taraf signifikansi 5% = 3,84, maka X² empirik lebih kecil dari X² kritik sehingga Ha ditolak dan Ho diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Menghafal, Peningkatan Aspek Kognitif.
Subjects: 200 Religious
200 Religious > 201 Religious Mythology
200 Religious > 201 Religious Mythology > 207 Missions & Religious Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Ahmad Bakir
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:45
Last Modified: 04 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item