Muhamad, Arofiq (2022) Peran Guru PAI Dalam Mengatasi Indisipliner Siswa MA Darul Ulum Assurur Sidomulyo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (926kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (450kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Peran merupakan serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam suatu situasi tertentu. Peran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah peran guru yang berhubungan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang kurang baik menjadi lebih baik. Guru PAI adalah seorang pembimbing dalam pembelajaran yang memiliki kemampuan keagamaan. Indisipliner merupakana perbuatan yang melanggar tata tertib (di sekolah dan sebagainya); ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan tata tertib dan sebagainya. Penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif yaitu memaparkan secara mendalam dengan apa adanya secara obyektif sesuai dengan data yang dikumpulkan penelitian lokasi penelitian yang dilaksanakan di MA Darul Ulum Assurur Sidomulyo hasil wawancara peneliti kepada informan di tempat penelitian yang terdiri dari 2 orang informan yaitu 1 orang guru dan kepala sekolah, dan 4 orang siswa 2 dari siswa X dan 2 siswa XI. Instrumen penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa wawancara mengguna teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan analisis data yang di peroleh bahwa peran guru PAI dalam menangani siswa yang melakukan indispliner berhasil dapat di lihat meski berbagai masalah yang terjadi seperti siswa terlambat berangkat ke sekolah, membolos jam pelajaran, tidak berangkat ke sekolah dan tidak mengerjakan tugas. siswa sudah mendapatkan efek jeranya seperti mendapat surat panggilan orang tua, dan mendapatkan sanksi yang di terapkan di sekolah dan upaya Pihak sekolah guru selalu memberikan bimbingan dan arahan kepada siswa-siswa yang melakukan kesalahan sesuai dengan peraturan peraturan yang di miliki sekolah dan keluarga siswa, sehingga siswa tidak mengulangi kesalahan kembali karena bagi mereka kesalahan tersebut sangat merugikan bagi diri sendiri, menghambat masa depan dan memalukan pihak keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru PAI, Indisipliner Siswa | |||||||||
Subjects: | 200 Religious > 201 Religious Mythology > 204 Religius Experience, Life & Practice | |||||||||
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) | |||||||||
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam | |||||||||
Depositing User: | MUHAMAD AROFIQ | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | muhamadarofiq08@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2022 01:08 | |||||||||
Last Modified: | 05 Aug 2022 01:08 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14859 |
Actions (login required)
View Item |