KELEMBAGAAN PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI DESA KAYUMAS KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO

Tyas Wening Woro, Sayekti (2022) KELEMBAGAAN PEMASARAN BIJI KOPI ARABIKA DI DESA KAYUMAS KECAMATAN ARJASA KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, universitas muhammadiyah jember.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (963kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB)
[img] Text
11. RINGKASAN.pdf

Download (459kB)
[img] Text
12. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian mengkaji tentang kelembagaan pemasaran, struktur dan perilaku pasar, serta efisiensi pemasraan biji kopi di Desa Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo yang bertujuan untuk: 1) mempelajari kelembagaan pemasaran biji kopi; 2) mengetahui struktur dan perilaku pasar biji kopi; dan 3) menentukan efisiensi pemasaran biji kopi. Penelitian ini dilakukan di Desa Kayumas Kabupaten Situbondo, ditentukan secara purposive dengan mempertimbangkan bahwa wilayah ini merupakan Kecamatan dengan sentra produksi biji kopi besar di Kabupaten Situbondo dan mempunyai prospek untuk dikembangkan. Sempel penelitian ini ditentukan dengan metode snowball sampling dengan sampel sebanyak 36 petani, 4 kelompok tani, 2 pengepul/tengkulak, dan 1 pabrik. Data penelitian di analisis menggunakan: 1) analisis deskriptif; 2) analisis margin pemasaran; dan 3) analisis farmer share. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat empat lembaga pemasaran biji kopi di Desa Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, yaitu petani, kelompok tani, pengepul, dan pabrik; 2) stuktur dan perilaku pasar biji kopi di Desa Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo memiliki peran diantaranya, petani melakukan penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan kopi glondongan merah, kelompok tani melakukan kegiatan pengangkutan di lahan tanam, penjemuran, pengupasan, pemilahan biji kopi yang busuk, dan pengemasan biji kopi, pengepul/tengkulak melakukan kegiatan pengangkutan dan pengimbilan/biaya kuli pada proses pembelian biji kopi sampai penjualannya kembali, pabrik kopi memimiliki fungsi pemasaran berupa pendistribusian biji kopi akhir; 3) Pemasaran kopi di Kayumas adalah effisien dengan nilai Farmer share 57,19%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efisiensi pemasaran, lembaga pemasaran, perilaku dan struktur pasar, kopi.
Subjects: 000 Computer Science, Information, & General Works
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Tyas Wening Woro Sayekti
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:18
Last Modified: 08 Aug 2022 06:58
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/14952

Actions (login required)

View Item View Item