Tyas, HIdayatulloh (2022) PENGARUH EKSTRAKURIKULER TAHFIDZUL QUR’AN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA DI MA MUHAMMADIYAH 01 JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Text
A. PENDAHULUAN.pdf Download (3MB) |
|
Text
B. ABSTRAK.pdf Download (923kB) |
|
Text
C. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
D. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
E. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
F. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
G. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
H. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text
I. DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (914kB) |
|
Text
J. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (940kB) | Request a copy |
|
Text
K. ARTIKEL.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pendidikan Al-Qur’an bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, cerdas, terampil, pandai baca tulis Al-Qur’an, berakhlak mulia, mengerti dan memahami serta mengamalkan kandungan Al-Qur’an. Guna mencapai tujuan tersebut dibutuhkan suatu wadah di luar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membantu perkembangan siswa yaitu ekstrakurikuler berbasis keagamaan, salah satunya adalah ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an. Ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an mampu memberikan kebiasaan baru yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap sifat, sikap, dan karakter siswa, tujuannya yaitu ingin mengetahui adakah pengaruh ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an bagi kecerdasan spiritual siswa di MA Muhammadiyah 01 Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sumber data yang dihasilkan dari sebuah angket atau kuisioner yang melibatkan siswa anggota ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an di MA Muhammadiyah 01 Jember dengan jumlah 20 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an berpengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa, yang ditunjukkan pada hasil pengujian teori regresi linier sederhana, dengan nilai 0.023 Sig < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, adapun besaran nilai korelasi antara ekstrakurikuler tahfidzul Qur’an terhadap kecerdasan spiritual siswa bernilai 0,624 atau sebesar 62,4% yang berarti nilai tersebut masuk pada kategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Al-Qur’an, Ekstrakurikuler, Kecerdasan Spiritual |
Subjects: | 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith |
Divisions: | Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1) |
Department: | S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tyas Hidayatulloh |
Contact Email Address: | musisi35hidayat@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 06:11 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 06:11 |
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15008 |
Actions (login required)
View Item |