IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DIMA AL-MUTHOHHIRIN



Hasyim, Asyari (2022) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA AL QUR’AN PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DIMA AL-MUTHOHHIRIN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[thumbnail of A. PENDAHULUAN.pdf] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of B. ABSTRAK.pdf] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of C. BAB I.pdf] Text
C. BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB II.pdf] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of E. BAB III.pdf] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of F. BAB IV.pdf] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of G. BAB V.pdf] Text
G. BAB V.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of H. BAB VI.pdf] Text
H. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of I. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
I. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of J. LAMPIRAN.pdf] Text
J. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of K. ARTIKEL.pdf] Text
K. ARTIKEL.pdf

Download (930kB)

Abstract

Methode Qiroati adalah Methode membaca Al Qur’an yang langsung memakai atau mempraktekkan bacaan yang tartil sesuai dengan Qo’idah Ilmu Tajwid Yang Praktis,sederhana, dan dilakukan sedikit demi sedikit,artinya tidak menambah ke halaman berikutnya sebelum membaca dengan lancar. Kendala dalam proses belajar membaca Al Qur’an pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis bahwasanya dalam mengajarkan membaca Al Qur’an, guru belum menggunakan metode apa-apa hanya membaca biasa. Oleh karna itu masih terdapat beberapa siswa yang belum lancar dalam membaca Al Qur’an, karna merasa metode yang digunakan kurang efektif dan terkesan monoton sehingga membuat siswa merasa bosan dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini di maksudkan untuk mengetahui bagaimana implementasi methode Qiroati Dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran al qur’an hadits di MA Al-Muthohhirin. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui implementasi methode Qiroati dalam menungkatkan kualitas membaca Al qur’an pada mata pelajaran AlQur’an Hadits di MA Al-Muthohhirin. Sedangkan manfaat yang dapat di ambil dari penelitian ini adalah sebagai bahan informasi bagi guru dan wawasan ilmu terhadap peneliti.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang terjun langsung di lapangan dalam penelitian ini peneliti akan menggambarkan implementasi methode qiroati dalammeningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an. Sedangkan sifat penelitiannya adalah bersifat deskriptif. Lokasi yang di teliti adalah MA Al-Muthohhirin Kesilir .Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah methode wawancara, tes, dandokumentasi. untuk teknik analisi data yang di gunakan adalah pengumpulan data, penyajian dan penarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat di simpulkan bahwa methode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dengan bukti adanya peningkatan nilai siswa dalam membaca Al-Qur’an jika di bandingkan dengan nilai sebelumnya. Dalam pelaksanaan Methode Qiroati ini yaitu mencontohkan bacaan yang benar yang kemudian siswa membaca bersama-sama. Sehingga dengan methode Qiroati siswa dapat mengetahui bagaimana cara membaca yang baik dan benar dan dapat belajar dengan menyenangkan.

Contribution
Nama Dosen Pembimbing
NIDN/NIDK
UNSPECIFIED
Bahar Agus, Setiawan
0717087802
UNSPECIFIED
badrut, Tamami
0722108603

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords/Kata Kunci: Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al Qur’an,
Subjects: 200 Religious > 297 Islam, Babism, Bahai Faith
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Depositing User: Muhammad Hasyim | miysah265@gmail.com
Date Deposited: 09 Aug 2022 07:10
Last Modified: 09 Aug 2022 07:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15015

Actions (login required)

View Item View Item