Arifin, Muhamad Zainul (2022) ANALISIS PEMASARAN JERUK SIAM (Citrus nobilis) DI KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
Text
1. Pendahuluan.pdf Download (888kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (553kB) |
|
Text
3. Bab I.pdf Download (534kB) |
|
Text
4. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) | Request a copy |
|
Text
5. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) | Request a copy |
|
Text
6. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text
7. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) | Request a copy |
|
Text
8. Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (674kB) | Request a copy |
|
Text
9. Bab VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) | Request a copy |
|
Text
10. Daftar Pustaka.pdf Download (553kB) |
|
Text
11. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
13. Jurnal- Artikel.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jeruk siam merupakan tanaman hortikultura yang banyak diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemasaran jeruk siam di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Daerah penelitian diambil secara (purposive) yaitu Kabupaten Banyuwangi dan sampel Kecamatan dipilih yaitu Kecamatan Purwoharjo. Metode penentuan sampel masing-masing Kecamatan menggunakan Cluster sampling sedangkan penentuan sampel masing-masing desa menggunakan incidental sampling serta sampel pedagang secara snowball sampling. Data yang diambi berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) saluran pemasaran, (2) margin pemasaran, dan (3) efisiensi pemasaran jeruk siam di wilayah studi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat 3 tingkat saluran pemasaran di lokasi penelitian, dimana saluran pemasaran II tingkat merupakan saluran pemasaran yang paling efisien yaitu petani – pedagang besar – pengecer, (2) Margin pemasaran pada saluran pemasaran II tingkat, sebesar Rp.4.232/kg, dan; pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 6.895/kg, dan pada saluran pemasaran IV tingkat Rp. 8.000/kg, (3) Pemasaran jeruk siam Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi efisien pada saluran pemasaran II tingkat dengan farmer’s share sebesar 70,56% sedangkan pada III dan IV tingkat tidak efisien karena farmer’s share hanya 48,45% dan 38,46%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | efisiensi pemasaran, jeruk siam, margin pemasaran | |||||||||
Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming | |||||||||
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | |||||||||
Department: | S1 Agribisnis | |||||||||
Depositing User: | Muhamad Zainul Arifin | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Contact Email Address: | mzainularif2298@gmail.com | |||||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2022 06:26 | |||||||||
Last Modified: | 10 Aug 2022 06:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15032 |
Actions (login required)
View Item |