ANALISIS PEMASARAN JERUK SIAM (Citrus nobilis) DI KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI

Arifin, Muhamad Zainul (2022) ANALISIS PEMASARAN JERUK SIAM (Citrus nobilis) DI KECAMATAN PURWOHARJO KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
1. Pendahuluan.pdf

Download (888kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (553kB)
[img] Text
3. Bab I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
4. Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
7. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text
8. Bab VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text
9. Bab VII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (553kB)
[img] Text
11. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. Jurnal- Artikel.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jeruk siam merupakan tanaman hortikultura yang banyak diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pemasaran jeruk siam di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Daerah penelitian diambil secara (purposive) yaitu Kabupaten Banyuwangi dan sampel Kecamatan dipilih yaitu Kecamatan Purwoharjo. Metode penentuan sampel masing-masing Kecamatan menggunakan Cluster sampling sedangkan penentuan sampel masing-masing desa menggunakan incidental sampling serta sampel pedagang secara snowball sampling. Data yang diambi berupa data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara, pencatatan dan observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) saluran pemasaran, (2) margin pemasaran, dan (3) efisiensi pemasaran jeruk siam di wilayah studi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) terdapat 3 tingkat saluran pemasaran di lokasi penelitian, dimana saluran pemasaran II tingkat merupakan saluran pemasaran yang paling efisien yaitu petani – pedagang besar – pengecer, (2) Margin pemasaran pada saluran pemasaran II tingkat, sebesar Rp.4.232/kg, dan; pada saluran pemasaran III sebesar Rp. 6.895/kg, dan pada saluran pemasaran IV tingkat Rp. 8.000/kg, (3) Pemasaran jeruk siam Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi efisien pada saluran pemasaran II tingkat dengan farmer’s share sebesar 70,56% sedangkan pada III dan IV tingkat tidak efisien karena farmer’s share hanya 48,45% dan 38,46%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: efisiensi pemasaran, jeruk siam, margin pemasaran
Subjects: 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1)
Depositing User: Muhamad Zainul Arifin
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:26
Last Modified: 10 Aug 2022 06:31
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15032

Actions (login required)

View Item View Item