EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI BALAI BENIH IKAN RAMBIGUNDAM
pratiwi, pingky mega pratiwi (2022) EFISIENSI DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis Niloticus) DI BALAI BENIH IKAN RAMBIGUNDAM. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.
| ![Pendahuluan.pdf [thumbnail of Pendahuluan.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Pendahuluan.pdf Download (2MB) | 
| ![Abstrak.pdf [thumbnail of Abstrak.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Abstrak.pdf Download (1MB) | 
| ![Bab I.pdf [thumbnail of Bab I.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab I.pdf Download (1MB) | 
| ![Bab II.pdf [thumbnail of Bab II.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) | Request a copy | 
| ![Bab IV.pdf [thumbnail of Bab IV.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![Bab V.pdf [thumbnail of Bab V.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![Bab VI.pdf [thumbnail of Bab VI.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![Bab VII.pdf [thumbnail of Bab VII.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab VII.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![Daftar Pustaka.pdf [thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | 
| ![Lampiran.pdf [thumbnail of Lampiran.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![jurnal agribest Pingki Mega Pratiwi.pdf [thumbnail of jurnal agribest Pingki Mega Pratiwi.pdf]](http://repository.unmuhjember.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text jurnal agribest Pingki Mega Pratiwi.pdf Download (741kB) | 
Abstract
Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan konsumen melalui proses pertukaran. Produksi benih ikan nila hasil budidaya yang relatif melimpah mendorong Balai Benih Ikan Rambigundam untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji saluran pemasaran benih ikan nila di Balai Benih Ikan Rambigundam Kabupaten Jember; (2) mengidentifikasi efisiensi pemasaran benih ikan nila di Balai Benih Ikan Rambigundam Kabupaten Jember ;(3) mengukur margin pemasaran benih ikan nila di Balai Benih Ikan Rambigundam Kabupaten Jember; (4) mengidentifikasi strategi pemasaran benih ikan nila di Balai Benih Ikan Rambigundam Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan metode deskriptif, analitik dan kuantitatif yang berlokasi di Balai Benih Ikan Kabupaten Jember dan menggunakan data primer dan sekunder, analisis yang digunakan adalah metode analisis farmer share dan analisis SWOT. Hasil penelitian: (1) BBI Rambigundam menggunakan 2 pola saluran pemasaran yaitu pemasaran nol tingkat dan satu tingkat. Pada pola satu tingkat saluran pemasaran dimulai dari BBI Rambigundam kemudian dijual ke tengkulak, dari tengkulak dijual kembali pada konsumen, (2) Margin pemasaran pada saluran pemasaran 0 tingkat yaitu sebesar Rp. 15/ekor, dan pada saluran pemasaran I tingkat yaitu sebesar Rp. 40/ekor, (3) Pemasaran benih ikan nila di BBI rambigundam efisien pada saluran pemasaran 0 tingkat dengan farmer’s share sebesar 57,14% sedangkan pada saluran pemasaran I tingkat tidak efisien karena farmer’s share ≤ 40% dengan nilai 33,33% , (4) Strategi pemasaran benih ikan nila berdasarkan faktor internal dan eksternal berada pada Grey Area (Bidang Lemah-Berpeluang) maka strategi pemasaran ikan nila di memiliki peluang pasar yang prospektif namun tak memiliki kompetensi untuk diusahakan.
ContributionNama Dosen PembimbingNIDN/NIDKUNSPECIFIEDWidjayanti, Fefi Nurdiananidn0005037602UNSPECIFIEDPrawitasari, Saptyanidn0024057301
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | 
|---|---|
| Keywords/Kata Kunci: | Balai Benih Ikan, Benih Ikan Nila, Farmer Share dan SWOT. | 
| Subjects: | 600 Technology and Applied Science > 630 Farm, Farming | 
| Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness (S1) | 
| Depositing User: | Pingky Mega Pratiwi | venioktavia101099@gmail.com | 
| Date Deposited: | 12 Aug 2022 01:30 | 
| Last Modified: | 12 Aug 2022 03:21 | 
| URI: | http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15071 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      