(Peer Review + Dokument + Similarity) PEMANFAATAN ESTUDY MOODLE UNTUK MATA KULIAH SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN DARING

Werdiningsih, Indah and Devanti, Yeni Mardiyana (2021) (Peer Review + Dokument + Similarity) PEMANFAATAN ESTUDY MOODLE UNTUK MATA KULIAH SPEAKING DALAM PEMBELAJARAN DARING. Institut Kariman Wirayudha Sumenep.

[img] Text
2 peer E moodle ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 turnitin e moodle 38-56.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2 E Moodle OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mempelajari tentang kemampuan speaking mahasiswa semester 5 yang pembelajarannya menggunakan eStudy Moodle. Aspek yang diteliti meliputi ranah sinkronus melalui LMS dan asinkronus melalui video conference Google Meet yang di-attach dalam eStudy. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi metode penelitian kuantitatif (speaking test) dan kualitatif (questionnaire). Setelah dilakukan analisa data, ditemukan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa semester 5 Universitas Muhammadiyah Jember dapat dikategorikan baik (A-B) dan mayoritas mahasiswa menikmati belajar online menggunakan eStudy. Kemampuan berbicara yang memadai tersebut kemungkinan besar dicapai dengan adanya kenyamanan belajar Speaking menggunakan eStudy, dibuktikan dengan data yang menunjukkan bahwa meskipun 57.6 % mahasiswa menganggap bahwa belajar online selama pandemi tidak efektif tetapi lebih dari 70 % mahasiswa setuju pembelajaran daring yang menggunakan eStudy sangat tepat dan efisien diaplikasikan dalam kelas Argumentative Speaking dan 81 % merekomendasikan dosen untuk menggunakan eStudy dalam proses pembelajaran.

Item Type: Peer Review
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 378 Higher Education, Universities
400 Language > 407 Education, Research & Related Topics
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > Department of English Literature Education (S1)
Depositing User: Devanti Yeni Mardiyana
Date Deposited: 26 Dec 2022 01:40
Last Modified: 26 Dec 2022 01:40
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/15722

Actions (login required)

View Item View Item