Analisis Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kecenderungan Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember)

Yaqin, Mohammad Akbar Faizul Ulum Ainul (2023) Analisis Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kecenderungan Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (618kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (141kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (776kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
J. ARTIKEL.pdf

Download (419kB)

Abstract

ABSTRAK Ulum Ainul Yaqin, Mohammad Akbar Faizul. 2023. Analisis Penggunaan Media Sosial Tiktok Terhadap Kecenderungan Perilaku Phubbing Pada Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember). Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Jember. Pembimbing : Suyono, SH., M.I.Kom. Kata Kunci : Phubbing, Intensitas Media Sosial, Media Baru, Tiktok Penelitian ini membahas tentang hubungan antara penggunaan media sosial Tiktok terhadap kecenderungan perilaku phubbing pada mahasiswa. Adiksi terhadap media sosial merupakan salah satu faktor munculnya perilaku phubbing pada mahasiswa. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner Generic Scale Phubbing Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif korelasional, dengan metode pengumpulan data berupa observasi dan angket. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Adapun populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022 dengan sampel berjumlah 78 mahasiswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji regresi linear sederhana dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 26.0 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan media sosial Tiktok terhadap perilaku phubbing pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember angkatan 2019, 2020, 2021, dan 2022, dengan nilai R = 0,828 dan nilai Sig. = 0,000 (p < 0,05), yang artinya semakin tinggi intensitas penggunaan media sosial Tiktok seorang mahasiswa maka tingkat perilaku phubbing akan semakin tinggi. Kemudian untuk hasil uji parsial (uji T) menghasilkan nilai t hitung > t tabel yaitu 12,876 > 1,991, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dapat diterima yang berarti terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial Tiktok (X) terhadap kecenderungan perilaku phubbing pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jember (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Phubbing, Intensitas Media Sosial, Media Baru, Tiktok
Subjects: 300 Social Science > 360 Social Problems and Services
Divisions: Faculty of Social and Politics Science > Department of Communication Science (S1)
Department: S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mohammad Akbar Faizul Ulum Ainul Yaqin
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDS.H, SuyonoNIDN: 0705086503
Contact Email Address: faizulum7@gmail.com
Date Deposited: 25 Feb 2023 03:10
Last Modified: 25 Feb 2023 03:10
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16510

Actions (login required)

View Item View Item