Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Masalah Hasil Belajar Santri Di Pesantren Internasional Sains Dan Teknologi (Insat) Muhammadiyah Banyuwangi

setiawan, adi (2023) Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Masalah Hasil Belajar Santri Di Pesantren Internasional Sains Dan Teknologi (Insat) Muhammadiyah Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
ARTIKEL ADI SETIAWAN baru.pdf

Download (473kB)
[img] Text
ABSTRAK ADI SETIAWAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text
PENDAHULUAN ADI SETIAWAN.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB I ADI SETIAWAN.pdf

Download (801kB)
[img] Text
BAB II ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN ADI SETIAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ADI SETIAWAN.pdf

Download (390kB)

Abstract

Setiawan, Adi. 2022. Peran Kecerdasan Spiritual Dalam Masalah Hasil Belajar Santri Di Pesantren Internasional Sains Dan Teknologi (Insat) Muhammadiyah Banyuwangi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jember, Dosen Pembimbing I: Dr. Bahar Agus Setiawan, S.Th.I., MM.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Dhian Wahana Putra, M.Pd.I Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Siswa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan pengertian tersebut maka dapat disimpulkan akan pentingnya tujuan pendidikan yaitu mengembangkan kekuatan spiritual keagamaan. Pendidikan memerlukan kecerdasan disetiap kegiatanya. Kecerdasan berperan penting dalam hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. hal hal yang memperngaruhi hasil belajar siswa adalah kecerdasan intelektual dan spiritual. Rendahnya tingkat kecerdasan spiritual remaja berpengaruh terhadap kurangnya kemampuan untuk menganalisa setiap permasalahan, mengontrol sikap dan tingkah laku serta membedakan tindakan yang benar atau salah. Hal ini juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sehingga memunculkan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peran Kecerdasan Spiritual terhadap Hasil Belajar Santri di Pesantren Internasional Sains dan Teknologi (INSAT) Muhammadiyah Banyuwangi. Penelitian kualintatif ini dilakukan di Pesantren INSAT Muhammdiyah Banyuwangi. Menggunkan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dikarenakan adanya data dan fakta yang dijelaskan pada penelitian ini berupa deskripsi dari pihak informan dan fenomena yang diamati peneliti secara mendetail mengenai peran kecerdasan spiritual dalam masalah hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan spiritual memiliki peran dalam hasil belajar siswa. Siswa pesantren INSAT Muhammdiyah Banyuwangi termasuk kedalam kategori nilai raport rata rata tinggi sebesar (53,8%) dan sedang (46,2%). Observasi hasil belajar siswa berkaitan langsung dengan kecerdasan spiritual siswa dimana hasil kecerdasan spiritual siswa tergolong tinggi. Siswa yang memiliki kecerdasan spiritual adalah siswa yang mampu menyelesaikan permasalahanya dengan berpedoman nilai nilai spiritual yang diyakini. kecerdasan spiritual berperan dalam masalah hasil belajar siswa pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi. Berdasarkan temuan peneliti terkait aspek kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa. Siswa Pesantren INSAT Muhammadiyah Banyuwangi: memiliki tujuan hidup yang baik, memiliki prinsip hidup, selalu merasakan kehadiran Allah, cenderung kepada kebaikan, berjiwa besar dan memiliki empati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 373 Secondary Education
Divisions: Faculty of Islamic Religion > Department of Islamic Education (S1)
Department: S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adi Setiawan
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDsetiawan, bahar agus1978081710507256
UNSPECIFIEDputra, dhian wahananidn0729108601
Contact Email Address: awanadi0804@gmail.com
Date Deposited: 15 Mar 2023 04:15
Last Modified: 15 Mar 2023 04:15
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16657

Actions (login required)

View Item View Item