Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Belajar pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Pasca Pandemi Covid-19

Afandi, Andra Rosita (2023) Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Belajar pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Pasca Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Jember.

[img] Text
A. PENDAHULUAN.pdf

Download (827kB)
[img] Text
B. ABSTRAK.pdf

Download (272kB)
[img] Text
C. BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
D. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
E. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB) | Request a copy
[img] Text
F. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
G. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text
H. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (358kB)
[img] Text
I. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
J. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (944kB)

Abstract

Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kesiapan Belajar pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember Pasca Pandemi Covid-19 Andra Rosita Afandi1, Iin Ervina2, Anggraeni Swastika Sari3 andrarosita030@gmail.com Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Jember INTISARI Kesiapan untuk belajar ialah keseluruhan dari kesiapan seseorang untuk bereaksi atau menanggapi situasi dengan cara tertentu, menurut Slameto (Harmini, 2017). Agar mahasiswa memiliki kesiapan belajar yang optimal maka diperlukan adanya efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan kesiapan belajar pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember pasca pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 11.200 mahasiswa dengan jumlah sampel 336 mahasiswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling dengan menggunakan NIM mahasiswa. Skala yang digunakan yaitu skala efikasi diri yang diadaptasi dari penelitian Siti Sundari (2022) dan skala kesiapan belajar diadaptasi dari penelitian (L. K. Sari, 2020). Hasil uji validitas Skala Efikasi Diri terdapat 37 item valid dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.947 dan hasil uji validitas Skala Kesiapan Belajar terdapat 30 item dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0.918. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif signifikan antara variabel efikasi diri (X) dengan variabel kesiapan belajar (Y) sebesar ( r = 0. 759 ; p < 0.05). Kata kunci: Efikasi diri, Kesiapan Belajar, Mahasiswa 1. Peneleiti 2. Dosen Pembimbing 1 3. Dosen Pembimbing 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, Kesiapan Belajar, Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy > 150 Psychology
100 Philosophy > 150 Psychology > 159 Unassigned
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (S1)
Department: S1 Psikologi
Depositing User: Andra Rosita Afandi
Contributors:
ContributionContributor NameNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDErvina, Iinnidn
UNSPECIFIEDSari, Anggraeni Swastikanidn
Contact Email Address: andrarosita030@gmail.com
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:06
Last Modified: 04 Apr 2023 03:06
URI: http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/16782

Actions (login required)

View Item View Item